Berdasarkan permendikbud no 22 tahun 2016 tentang Standar Proses, terdapat 14 prinsip pembelajaran yang harus diterapkan pada kurikulum 2013 antara lain :
- dari peserta didik di beri tahu menuju peserta didik mencari tahu
- dari guru sebagai satu - satunya sumber belajar menjadi berbasis aneka sumber belajar
- dari pendekatan tekstual menuju proses sebagai penguatan penggunaan pendekatan ilmiah
- dari pembelajaran berbasis konten menuju pembelajaran berbasis kompetensi
- dari pembelajaran parsial menuju pembelajaran terpadu
- dari pembelajaran yang menekankan jawaban tunggal menuju pembelajaran dengan jawaban yang kebenarannya multi dimensi
- dari pembelajaran verbalisme menuju keterampilan aplikatif
- peningkatan dan keseimbangan antara keterampilan fisikal (hardskill) dan keterampilan mental (softskills)
- pembelajaran yang mengutamakan pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik sebagai pembelajar sepanjang hayat
- pembelajaran yang menerapkan nilai - nilai dengan memberi keteladanan (ing ngarso sung tulodo), membangun kemauan (ing madyo mangun karso), dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran (tut wuri handayani)
- pembelajaran yang berlangsung di rumah di sekolah, dan di masyarakat
- pembelajaran yang menerapkan prinsip bahwa siapa saja adalah guru, siapa saja adalah peserta didik, dan di mana saja adalah kelas
- Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran
- Pengakuan atas perbedaan individual dan latar budaya peserta didik
Semoga bermanfaat ...
No comments:
Post a Comment