Menulis Tanpa Mengetik Menggunakan Google Keyboard

Teknologi selalu memberikan keajaiban kepada manusia. Hari ini saya menemukan keajaiban itu. 

Bermula dari diskusi di grup WA bahwa kita bisa menulis tanpa mengetik di blog membuat saya penasaran akan hal itu. Saya coba cari-cari dengan melakukan googling di internet. Saya menemukan artikel di kompas.com isinya tentang bagaimana kita menulis tanpa mengetik.


Tulisan itu membahas tentang Google Docs. Salah satu fasilitas yang ada pada Google. dijelaskan bahwa dengan adanya Google Docs kita bisa menulis tanpa mengetik. 

Selain itu kemudahan-kemudahan lain ditawarkan di Google Docs. Semisal kita dapat menulis dalam perjalanan, menulis bersama orang lain, dan menyimpan otomatis di web serta bisa diedit kapanpun dimanapun. Sungguh suatu terobosan yang luar biasa saat ini.

Tentu saja dengan berita seperti itu saya penasaran. Langsung saya menuju play store untuk mendownload Google Docs. Setelah berhasil di download ternyata saya agak kesulitan menggunakannya. Tidak ada fasilitas menulis tanpa mengetik. Atau mungkin karena saya tidak paham menggunakannya.

Saya coba mencari artikel lain. Dan saya menemukan satu artikel tentang Google Keyboard. Dengan Google Keyboard banyak kelebihan yang bisa kita peroleh. Salah satunya adalah menulis tanpa harus mengetik.

Awalnya saya juga masih bingung. tapi setelah saya coba baru saya tahu bahwa benar kita bisa menulis tanpa mengetik. Ini buktinya. Ini merupakan tulisan pertama saya tanpa mengetik.

Saya menggunakan suara saya sebagai cara saya menulis di halaman blog ini. Bagaimana bisa seperti itu? 

Jadi pada Google keyboard ada fasilitas menulis dengan dikte atau menggunakan suara. Kita cukup menekan tombol rekam atau mikrofon kemudian apa yang kita ucapkan berubah menjadi bahasa tulisan di layar. Cukup mudah bukan? 

Dengan fasilitas ini, jika ada yang mengatakan siapa yang bisa berbicara maka pasti bisa menulis, itu benar adanya. Cukup dengan berbicara hasilnya sebuah tulisan.

Banyak keuntungan yang bisa kita ambil dari fasilitas ini. Bayangkan jika kita harus menulis begitu banyak kata dalam waktu singkat. Kita pasti direpotkan jika harus menggunakan tangan kita untuk mengetik. 

Tapi tidak demikian halnya jika menggunakan bahasa lisan. Hanya dengan suara kemudian berubah menjadi bahasa tulisan. Ini suatu hal yang luar biasa tentunya.

Lalu bagaimana untuk menggunakan fasilitas ini?. Langkah pertama adalah dengan mendownload fasilitas Google Keyboard di play store untuk Android. Silakan install aplikasi tersebut.


Setelah berhasil diinstal maka masuk ke pengaturan atau setting. Pada pilihan bahasa pastikan gunakan bahasa Indonesia. Dan pada bagian dikte pastikan sudah ceklis biru. Untuk pengaturan lain silahkan sesuaikan. 


Setelah berhasil didownload dan melakukan pengaturan biarkan Google keyboard untuk mendeteksi sistem sehingga bisa digunakan dalam berbagai aplikasi. Jika berhasil ya tinggal digunakan.

Fasilitas ini akan sinkron dengan beberapa aplikasi yang menggunakan keyboard semisal WhatsApp, Facebook, SMS dan sebagainya termasuk juga Microsoft Word. Apapun yang membutuhkan keyboard maka otomatis fasilitas ini akan mendukung. Termasuk menulis di blog.


Bisa digunakan juga di WhatsApp

Sebelum posting di blog, saya sendiri lebih senang menulis di notepad terlebih dahulu. Dibawah ini tampilan notepad waktu saya menggunakan Google keyboard atau Gboard. 


Tekan lama icon mikrofon kemudian berbicara sesuai dengan tulisan yang diinginkan. Setelah tulisan jadi,  kita edit mana yang dianggap perlu dan mana yang tidak. Termasuk penggunaan tanda baca semisal titik, koma, dan tanda baca yang lain. Oh iya Google Keyboard sebetulnya sudah menyediakan fasilitas untuk tanda baca. 

Jika tulisan sudah selesai, langkah selanjutnya memindahkan tulisan tersebut ke postingan blog. Pilih semua tulisan lalu di copy paste pada postingan blog kita. 

Fasilitas Google keyboard ini juga akan sangat membantu bagi para disabilitas terutama mereka yang tidak bisa melihat. Dengan fasilitas menulis tanpa mengetik, mereka akan tetap bisa berkarya membuat tulisan. Tentu ini sebuah terobosan yang baik.

Bagi teman-teman yang ingin mencoba, langsung saja download Google keyboard di play store. Oh ya aplikasi ini mungkin hanya cocok di Android atau iPhone khususnya di ponsel belum bisa diaplikasikan pada komputer atau laptop.

Demikian tulisan tentang menulis tanpa mengetik menggunakan Google keyboard ini semoga bermanfaat untuk teman Jagoan Banten. Jika masih ada yang bingung bagaimana cara menggunakannya silahkan baca petunjuk dari Google Support yang tersedia di internet. Atau bisa bertanya pada kolom komentar di bawah ini.

Tags: menulis tanpa mengetik; Google keyboard; Gboard; menulis dengan suara; membuat postingan blog tanpa mengetik

12 comments:

  1. Wow mantaaap pak Didi, makasih nih ilmunya mau sy coba... barokallaaah..

    ReplyDelete
  2. Wow super sekali,, sukses selalu

    ReplyDelete
  3. Woh mantap. Semoga bisa dipraktikkan. Terima kasih pak Didi

    ReplyDelete
  4. Mantap terimakasih berbaginya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berbagi kebaikan melalui tulisan itu menyenangkan hehe

      Delete
  5. Waaahhh.... Seru kayaknya. Boleh nih di coba, makasih ya pak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minimal buat bls pesan di WhatsApp cepat hehe

      Delete
  6. Suiiip...cocok bwt saya yg suka belepotan kalau ngetik tangan 🤭

    ReplyDelete