Abstrak Penelitian : Pengaruh Motivasi Kerja dan Persepsi Atas Supervisi Pendidikan Terhadap Kinerja Guru PNS SMPN Kab. Serang

ABSTRAK

A. DIDI APRIATNA, NPM : 20137370127

B. Pengaruh Motivasi Kerja dan Persepsi Atas Supervisi Pendidikan Terhadap Kinerja Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri  Kabupaten Serang. Tesis : Jakarta : Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial : Fakultas Pascasarjana : Universitas Indraprasta Persatuan Guru Republik Indonesia, Agustus 2015


C. xiv + 5 Bab + 108 Halaman + 14 Lampiran

D. Kata Kunci : Motivasi Kerja, Supervisi Pendidikan, Kinerja Guru

E. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1). Pengaruh motivasi kerja dan persepsi atas supervisi pendidikan secara bersama - sama terhadap kinerja guru pegawai negeri sipil pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Kabupaten Serang. 2). Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru pegawai negeri sipil pada Pertama Negeri Kabupaten Serang. 3). Pengaruh persepsi atas supervisi pendidikan terhadap kinerja guru pegawai negeri sipil pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Kabupaten Serang. Penelitian ini dilaksanakan di 4 Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Serang. Metode penelitian yang digunakan  adalah survei dan pendekatan korelasional. Populasi yang menjadi sasaran penelitian ini adalah 988 guru PNS SMP Negeri. Sampel penelitian ini sebanyak 60 guru dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner yang telah diujicobakan terhadap 30 responden untuk menguji validitas dan reliabilitasnya. Proses analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis regresi dan korelasi. Hasil penelitian menunjukan : 1). 1). Terdapat pengaruh motivasi kerja dan persepsi atas supervisi pendidikan secara bersama - sama terhadap kinerja guru pegawai negeri sipil pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Kabupaten Serang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Fo = 10.883 dan Sig. 0,000 < 0,05. 2). Terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru pegawai negeri sipil pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Kabupaten Serang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai thitung = 4.591 dan Sig. 0,000 < 0,05. 3). Terdapat pengaruh persepsi atas supervisi pendidikan terhadap kinerja guru pegawai negeri sipil pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Kabupaten Serang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai thitung = -2.130 dan sig 0,037 < 0,05.

F. Daftar Pustaka :  1. Buku 21 buah (2002 - 2014)
                                2. Surat Kabar 2 buah (2009 - 2012)
                                3. Internet 10 buah (2012 - 2014)

G. Pembimbing     :  1. Prof. Dr. H. Sumaryoto
                                 2. Dr. H. Suparman IA, M.Sc

No comments:

Post a Comment