Jangan Kaget Saat Tahu Jumlah Siswa Pada Sekolah Terbesar Di Dunia Ini



Sekolah terbesar didunia

Adalah City Montessori School (CMS) di Lucknow India sebagai pemegang rekor dunia sekolah terluas dan terbesar di dunia. Betapa tidak, sekolah ini memiliki lebih dari 55.000 siswa dan 4.500 staff pengajar di 18 kampus di Kota Lucknow, India. 

Didirikan pada tahun 1959 oleh Dr. Jagdish Gandhi dan Dr. Bharti Gandhi dengan modal pinjaman 300 Rupee dan hanya memiliki 5 siswa. 



Sekolah ini memiliki layanan pada jenjang sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas. Sekolah dengan jumlah ruang kelas 1050 buah ini selalu penuh sesak karena setiap ruang harus diisi lebih dari 45 siswa. Walaupun demikian, orang tua siswa tidak mempermasalahkan hal tersebut. 

CMS menjadi sangat terkenal karena track record-nya dengan akreditasi A dengan berbagai prestasi yang ada. Bahkan siswa CMS selalu mendapatkan hasil tertinggi pada beberapa ujian di India.

Lapangan Kriket

Fasilitas yang terdapat di CMS sendiri sangat banyak. Mulai lapangan luas untuk berolahraga, lapangan kriket, taman sains, kolam renang untuk anak, kolam renang dewasa, ruang pertemuan, ruang pertemuan dengan orang tua, auditorium dengan kapasitas 3500 orang, kamar tamu, training center, ruang multimedia dan sebagainya. 

Gedung Auditorium

Dengan jumlah siswa yang sangat banyak, pada tahun 2010 - 2011, sekolah ini masuk Guinnes Book of World Record sebagai sekolah terbesar di dunia. 

Pada tahun 2014, CMS diakreditsi oleh Departemen Informasi Publik Perserikatan Bangsa - Bangsa sebagai LSM terafiliasi.

Saking besarnya CMS, sekolah ini tidak pernah melaksanakan acara bersama karena tidak ada bangunan yang cukup untuk menampung seluruh siswa dalam satu tempat. Seluruh Lucknow bisa macet total karena jika 1 bus terisi 50 orang, maka dibutuhkan 1100 bis untuk mengangkut 55.000 siswa.

Setelah membaca uraian di atas, mungkin akan muncul pertanyaan, bagaimana guru bisa mengenali siswanya jika sebanyak itu? Atau terbayangkah bagaimana sibuknya saat akan masuk ruangan kelas? 

Untuk informasi lebih lanjut tentang sekolah tersebut, kunjungi laman http://www.cmseducation.org/infrastructure_facilities/index.html

2 comments:

  1. Wow...

    Tak terbayangkan jika itu ada di Indonesia, entah berapa alokasi BOS yang diterimanya.

    ReplyDelete