Keren!! Tiga Bis Ini Bisa Beroperasi Didarat dan Air

Pernah naik bis? Pasti pernah. Tapi apakah pernah naik bis yang bisa berjalan didarat dan berenang di air? Kebanyakan orang Indonesia pasti belum pernah melakukannya. Pasalnya, bis yang ada di Indonesia kebanyakan hanya beroperasi di darat. Lalu dimana terdapat bis yang bisa menempuh medan dua alam tersebut? 

Banyak diantara kita mungkin pernah membaca artikel atau menonton tayangan tentang bis dua alam, bis yang bisa beroperasi di darat dan air, salah satunya adalah Bis Havencity Riverbus di Jerman. Dan ternyata masih ada lagi lho bis lain yang bisa berjalan di darat serta berenang di air. Berikut daftarnya:


1. Hafencity Riverbus

Hafencity Riverbus adalah bis amfibi pertama di Jerman yang mulai beroperasi pada tahun 2016 yang lalu di distrik Hafencity. Walau ide bis amfibi ini sudah ada 18 tahun sebelumnya, namun basu direalisasikan pemiliknya Fred Franken pada september 2016 karena terbentur masalah regulasi yang mengatur bis di air dan darat. 

Hafencity Riverbus dibuat oleh perusahaan Man Truck dengan panjang 12,07 meter, lebar 2,45 meter dan tinggi 3,75 meter. Biaya pembuatan bis in mencapai Rp 14 milliar. Walaupun cukup rumit membuat bis ini, namun ternyata perawatannya menjadi tantangan terbesar karena seluruh staf harus memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Hal tersebut tentu membutuhkan tingkat pengetahuan teknis yang sangat tinggi.

Hafencity Riverbus  beroperasi di Jerman sebagai bis wisata. Bis ini melayani tur wisata di daerah persimpangan distrik Hafencity dan Rothenburgsort. Bis wisata ini akan membawa penumpang melintasi area wisata yang ada di perkotaan Jerman menuju pelabuhan Embe Hamburg. Bus yang menampung 36 penunpang serta 3 awak bis ini akan melakukan perjalanan selama 70 menit dengan 40 menit perjalanan darat serta 30 menit perjalanan air.Kecepatan rata - rata bis tersebut 65 km/jam untuk didarat dan 7 knot untuk di air.  Bis ini juga tergolong mewah karena didalamnya dilengkapi berbagai fasilitas penunjang kenyamanan.

Jika anda tertarik untuk menjadi penumpang di bis wisata ini, siapkan minimal 20,5 Euro atau Rp 320.000 untuk membeli tiket dalam satu kali perjalanan. Untuk mendapatkan tiket bis wisata ini, anda bisa memesannya secara online di hafencityriverbus.de atau langsung menunggu di perhentian bis Hafencity Riverbus di Brooktorkai. 

2. Splashtour Bus

Jika Jerman terkenal dengan Hafencity Riverbus, maka di Rotterdam, Belanda ada Bis Splashtour. Splashtour. Splashtour adalah sebuah agen wisata yang menawarkan tur keliling kota untuk menikmati tempat - tempat indah di Rotterdam dengan bus amfibi sehingga para wisatawan diajak juga menikmati percikan air di sungai Maas.

Bus berwarna kuning ini cukup populer di Rotterdam sehingga untuk mendapatkan tiketnya haru memesan dari jauh - jauh hari. Dengan biaya 18 Euro untuk anak - anak dan 26,5 Euro untuk dewasa, para penumpang akan dijaka berkeliling selama 60 menit. Untuk mendapatkan tiketnya anda bisa memesannya secara online dan dapatkan diskon pada hari kerja. 

Rute yang akan dilalui Splashtour berupa bangunan - bangunan bersejarah, pelabuhan serta berbagai pemandangan indah. Tapi jika anda menyewanya secara ekslusif, rute bisa ditentukan sendiri.

3. Terra Wind Bus

Terra Wind merupakan bis amfibi buatan perusahaan CAMI (Cool Amphibious Manufactures International) yang didesain super mewah dengan berbagai fasilitas di dalamnya. Bus mewah ini didesain layaknya sebuah rumah yang bisa melaju dijalan dan air. Terra Wind sendiri muncul lebih awal dibanding Hafencity Riverbus atau Splashtour.

Selain kemewahan dan kenyamanan, ternyata bus ini juga dilengkapi mesin yang mampu melaju dengan kecepatan 128 km/jam atau 7 knot jika berada di air.

Pada bagian kemudi, bus ini didesain layaknya kopkit sebuah pesawat dengan berbagai sistem kontrol. Sistem komputer serta akses internet, GPS, peta bergerak, serta grafik navigasi menjadi perlengkapan standar bus ini.

Untuk dekorasi atau interior bus ini sebetulnya tergantung pemesannya. Bus akan dibuat sedemikian rupa sehingga mampu menjadi gabungan antara yacht mewah dengan mobil super. Bus ini bukan bagian dari bus umum tapi akan dijadikan sebagai bus pribadi.Jika anda berminat memiliki bus ini, siapkan uang sekitar 1, 2 juta dollar.

Referensi :
http://otomotif.kompas.com/read/2017/03/27/132618915/bus.ini.bisa.jalan.di.darat.dan.berenang.di.air
https://www.klikmania.net/hafencity-riverbus-bus/
http://www.camillc.com/terrawind.htm
https://dinurblog.blogspot.co.id/2014/08/Terra-Wind-Bus-Yang-Dapat-Melaju-di-Jalan-Raya-dan-Air.html

No comments:

Post a Comment