Presiden Wanita Pertama Di Dunia

Semua orang Indonesia pasti tahu, bahwa Megawati Soekarno Putri adalah wanita pertama yang pernah menjabat sebagai Presiden Indonesia. Ia diangkat secara resmi oleh MPR sebagai presiden pada tahun 2001 untuk menggantikan Abdurahman Wahid.  Selain Megawati, ternyata masih banyak wanita lain juga pernah menjabat sebagai presiden wanita pertama di negaranya. Beberapa wanita itu misalnya :



1. Park Geun Hye sebagai presiden wanita pertama di Korea Selatan. Dilantik pada 25 Februari 2013 dengan perolehan suara 52 % . Pada tahun 2013 - 2014, ia juga di nobatkan majalah Forbes sebagai wanita paling berpengaruh didunia. Namun pada akhir jabatannya, ia harus menelan pil pahit karena di makzulkan parlemen akibat skandal yang ia lakukan.


2.  Dilma Rousseff sebagai presiden wanita pertama di Brazil. Ia menjabat sebagai presiden pada usia 62 tahun. Pernah melakukan kudeta pada tahun 1964 dan pernah dipenjara akibat aktivitas politiknya pada tahun 1970 - 1972. Pada 1 Nopember 2010, akhirnya ia terpilih sebagai presiden Brazil.


3. Joyce Banda sebagai presiden wanita pertama di Malawi. Jabatan presiden tersebut diperoleh karena posisinya sebagai wakil presiden harus menggantikan Presiden Bingu wa Mutharika yang meninggal akibat serangan jantung. Ia dilantik pada 7 April 2012. 


4. Bidhya Devi Bandhari sebagai presiden wanita pertama dalam sejarah Parlemen Nepal. Dalam voting yang dilakukan parlemen, ia memperoleh dukungan 327 suara dari total 549 suara mengalahkan pesaingnya Kul Bahadur Gurung. Sebelum menjadi presiden, wanita ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan Nepal.


5. Halimah Yacob sebagai presiden wanita pertama di Singapura. Menjabat jadi presiden pada usia 63 tahun, Halimah mencatatkan diri sebagai presiden dari Komunitas Melayu pertama dalam 47 tahun terakhir. Halimah ditetapkan sebagai presiden Singapura setelah empat kandidat lainnya dianggap tidak memenuhi syarat. Tanpa ada pesaing lain bagi Halimah, maka pemungutan suara yang direncanakan 23 September 2017 tidak jadi dilaksanakan. Halimah resmi menjadi presiden Singapura pada 31 Agustus 2017 menggantikan Tony Tan.

Demikian beberapa contoh wanita yang pernah menjabat sebagai presiden wanita pertama di negaranya. Jika disajikan secara lebih lengkap, maka masih banyak lagi wanita lain yang pernah menjabat sebagai presiden. 

Lalu siapa sebenarnya presiden wanita pertama di dunia? 

Sebelum menentukan siapa presiden wanita pertama di dunia, kita harus memberi batasan tentang arti presiden itu sendiri. Dalam kaitan ini, kita batasi presiden sebagai jabatan tertinggi dari sebuah negara yang merupakan hasil dari pemilihan secara demokratis.  
Vigd's Finnbogadottir adalah Persiden Wanita pertama di dunia
Maka dengan batasan tersebut, presiden wanita pertama di dunia adalah Vigd's Finnbogadottir. Wanita kelahiran 15 April 1930 ini menjadi presiden wanita pertama di Islandia dan menjadi presiden wanita pertama di dunia. Vigd's Finnbogadottir menjabat sebagai presiden selama 16 tahun yaitu dari 1980 sampai 1996. Pada akhir jabatannya, ia mengabdikan diri di UNESCO untuk mempromosikan pendidikan khusus untuk kaum perempuan. Motonya adalah "Never Let The Women Down".

Semoga bermanfaat...

Referensi :
http://www.boombastis.com/presiden-wanita-pertama/58431
https://en.wikipedia.org/wiki/Vigd%C3%ADs_Finnbogad%C3%B3ttir
https://news.detik.com/internasional/d-3640803/disambut-sorakan-halimah-resmi-jadi-presiden-wanita-pertama-singapura

No comments:

Post a Comment