Siswi Ini Terkejut Diperingatkan Suara Tanpa Wujud Karena Melanggar Lalin



Sebuah video viral beredar di internet. Video tersebut menunjukan pelanggar lalu lintas (lalin) yang terpantau  CCTV di salah satu perempatan jalan kota Bandung. Tampak dua perempuan pelajar SMA sedang berboncengan sepeda motor. Penumpangnya tidak memakai helm. Terdengar suara seorang pria mengingatkan agar siswi yang tidak memakai helm tersebut untuk turun.


"Anak SMA, itu penumpangnya enggak pakai helm, silakan turunkan, lanjutkan pakai kendaraan umum. Ayo helm putih, Honda Beat putih, kamu terpantau dari control room melakukan pelanggaran dengan membawa penumpang tidak memakai helm, silakan di turunkan, ayo turun!" tegur seseorang melalui pengeras suara yang ternyata adalah petugas pemantau CCTV di markas Area Traffic Control System (ATCS) Dishub Kota Bandung.

Mendengar teguran tersebut, kedua siswi itu tanpa kebingungan dan mencari-cari sumber suara. Demikian juga pengendara yang lain.

"Yang pakai jaket hitam drivernya, ayo turunkan temannya atau putar balik.Pakai helm untuk keselamatan, karena Anda mencelakakan teman Anda dengan tidak memakai helm. Silakan turunkan! Turun! demi keselamatan naik kendaraan umum saja kalau tidak ada helm," lanjut  petugasnya lagi.
Akhirnya penumpang yang tidak memakai helm tersebut turun dari motor. Petugas mengucapkan terima kasih kepada pelanggar lalu lintas tersebut karena telah mematuhi intruksinya.

"Terima kasih sudah mendengarkan instruksi dari kami," kata dia.
Berdasarkan berita di detik.com, saat ini di kota Bandung telah terpasang sekitar 136 CCTV dibeberapa lampu merah. Kamera pemantau itu dikenadlikan 10 petugas yang bermarkas  di Area Traffic Control System (ATCS) Dishub Kota Bandung yang berada di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana. CCTV menyebar di lokasi keramaian seperti sepanjang Jalan Soekarno Hatta mulai dari Cibeurem hingga Cibiru, sepanjang Jalan LL RE Martadinata, Jalan Pasteur dan Jalan Merdeka.

Jadi saat ini, jika terjadi pelanggaran lalu lintas di Kota Bandung yang terpantau CCTV, bersiaplah mendengarkan suara peringatan tanpa wujud.  Suara peringatan kadang bisa nyeleneh semisal meminta menjual motor untuk membeli helm karena pengendara tersebut tidak memakai helm. Atau yang lain semisal "Pengendara motor, silahkan anda mundur ke belakang garis putih, anda sudah offside!", dan bermacam teguran lainnya.

Untuk melihat video viral pelanggar lalin yang terkejut ditegur oleh petugas CCTV, silahkan lihat di bawah ini:



Semoga bermanfaat ....

Ref :
detik.com



No comments:

Post a Comment