Mengkonsumi Ini Dipercaya Dapat Mencegah Pikun

Penyakit pikun (alzheimer) pada umumnya menyerang orang yang sudah tua. Penyakit ini ditandai dengan menurunnya daya ingat seseorang. Orang yang pikun biasanya susah mengingat sesuatu tetapi cepat untuk melupakannya.




Berkaitan dengan daya ingat yang lemah (pikun), saat ini ternyata tidak hanya menjangkiti orang yang sudah tua, banyak yang masih muda pun sekarang terjangkit penyakit pikun. Tidak terkecuali pelajar.

Berdasarkan beberapa penelitian, ternyata mengkonsumsi teh, kopi dan kenari secara teratur dapat mencegah atau mengurangi penyakit pikun. Penelitian di University of California menunjukan bahwa dengan meminum secangkir teh atau kopi dapat menurun kan resiko pikun sebesar 40 %. 

Seperti dikutip dari laman Vivanews .com, penelitian menunjukan bahwa orang usia 65 tahun ke atas yang memiliki kebiasaan minum teh memiliki ingatan 37 % lebih tajam dibanding mereka yang biasa tidak minum teh.

Sedangkan bagi mereka yang sering mengkonsumi kopi, daya ingat mereka 20 % lebih baik dibanding mereka yang tidak minum kopi.

Selain teh dan kopi, ternyata buah kenari juga dapat memperlambat kepikunan. Ini berdasarkan sebuah penelitian yang dipaparkan di International Conference Alzheimer’s Disease di Hawai.

Namun demikian, ternyata dengan mengkonsumi teh, kopi dan kenari saja masih belum cukup. Penelitian di boston university school of medicine di massachusetts menunjukan bahwa teh, kopi dan kenari efektif mencegah kepikunan jika dikombinasikan dengan olahraga teratur. Studi tersebut menunjukan bahwa 40 % daya ingat lebih baik jika dbarengi dengan olahraga teratur. 

(Diadaptasi dari www.vivanews.com)

No comments:

Post a Comment