Cara Menonaktifkan Atau Menghapus Akun Facebook Secara Permanen Melalui Handphone

Banyak alasan seseorang menggunakan facebook diantaranya adalah agar terhubung dengan orang - orang yang diinginkan dengan mudah. Komunikasi yang terjalin di media sosial terbesar ini bisa dilakukan setiap saat dan di mana saja selama akses data dapat dijangkau. Namun dalam perkembangannya, banyak pula pengguna facebook yang ingin menutup akun facebooknya baik secara sementara atau secara permanen.


Beberapa alasan yang mungkin mendasari mengapa seseorang ingin menghapus akun facebooknya antara lain :



1. Bosan menggunakan akun media sosial

2. Ingin melupakan semua kenangan yang berhubungan dengan akun facebook tersebut
3. Agar tidak ditemukan atau untuk menghindari seseorang
4. Ingin beralih ke media sosial lain seperti twitter, whatsapp atau instagram
5. Mulai tidak nyaman menggunakan facebook karena sering terintimidasi atau mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari pengguna lain
6. Menghindari konten negatif seperti pornografi yang kadang muncul di akun facebook


Dan saya yakin masih banyak alasan lain yang bisa dikemukakan seseorang yang akan menonaktifkan atau menghapus secara permanen akun facebooknya.



Terkait bagaimana cara menonaktifkan atau menghapus secara permanen akun facebook yang kita miliki, sebetulnya sudah banyak petunjuk yang ada mulai dari help center facebook atau tulisan lain di google. Namun demikian, tidak ada salahnya saya kembali menulis tentang Cara Menonaktifkan atau Menghapus Akun Facebook Secara Permanen Melalui Handphone bagi mereka yang sedang mencari informasi tentang hal tersebut atau untuk para pengguna baru yang sebelumnya tidak paham tentang cara menonaktifkan atau menghapus akun facebook.



Sebelum kita menonaktifkan atau menghapus akun facebook yang kita miliki, ada baiknya kita pahami dulu perbedaan antara menonaktifkan dengan menghapus secara permanen sebagai berikut :



Jika facebook di nonaktifkan, maka yang terjadi dengan akun facebook yang kita miliki sebagai berikut :

  1. Kita dapat mengaktifkan kembali akun tersebut  kapan saja kita inginkan.
  2. Orang lain atau teman facebook tidak dapat melihat kronologi atau mencari akun yang kita miliki selama belum diaktifkan kembali
  3. Beberapa informasi seperti pesan yang pernah terkirim masih bisa dilihat oleh orang lain yang menerimanya
Namun jika kita menghapus akun facebook, hal yang akan terjadi dengan akun facebook kita adalah sebagai berikut :
  1. Akun akan terhapus dari facebook dan kita tidak dapat mengakses kembali akun tersebut.
  2. Terdapat jeda waktu sampai akun facebook benar - benar terhapus jika sewaktu - waktu berubah pikiran tidak jadi menghapus yaitu selama 90 hari.
  3. Jika dalam jangka waktu tersebut akun facebook benar - benar tidak lagi di akses, maka semua data tentang akun facebook tersebut akan hilang dan tidak dapat di akses kembali.
Demikian perbedaan antara menonaktifkan dengan menghapus secara permanen akun facebook yang kita miliki. 

Lalu bagaimana cara menonaktifkan atau menghapus akun facebook dari handphone? Sebelum saya sampaikan cara menghapus, berikut saya sajikan terlebih dahulu cara menonaktifkan akun facebook dari handphone:

1. Masuk ke akun facebook yang kita miliki melalui handphone
2. Klik atau sentuh menu Setting berupa tanda garis tiga pada pojok kanan atas seperti gambar di bawah ini :

3. Geser sampai ke bawah dan cari menu BANTUAN & PENGATURAN seperti gambar berikut :

4. Pilih menu "Pengaturan Akun" sehingga muncul tampilan sebagai berikut :

5. Pilih menu "Umum" sehingga muncul tampilan sebagai berikut :

6. Pilih menu "Kelola Akun" sehingga muncul tampilan sebagai berikut :

7. Untuk menonaktifkan akun facebook silahkan klik "Tutup" kemudian pilih salah satu alasan mengapa ingin menonaktifkan semisal "Ini hanya sementara. Saya akan kembali." Langkah terakhir klik "Tutup", maka akun facebook menjadi non aktif. Untuk bisa mengaktifkan kembali cukup dengan cara login kembali.

Namun jika berpikir tidak akan pernah menggunakan Facebook lagi, maka menghapus secara permanen akun facebook dapat dijadikan pilihan. 

Berikut langkah menghapus facebook secara permanen melalui handphone. Sebelum melakukan langkah ini, pastikan data atau informasi penting yang terdapat di akun facebook kita disalin atau diamankan terlebih dahulu. 

1. Lakukan langkah nomor 1 sampai 3 cara menonaktifkan di atas
2. Selanjutnya pilih menu "Pusat Bantuan" sehingga muncul tampilan sebagai berikut :

3. Pilih " Mengelola Akun Anda" sehingga muncul tampilan seperti di bawah dan pilih "menonaktifkan atau menghapus Akun"

4. Pilih "Bagaimana cara menghapus akun secara permanen?" seperti di bawah sehingga muncul tampilan seperti di bawah :

5. Berdasarkan gambar di atas, klik tulisan biru "beri tahu kami" sehingga muncul tampilan konfirmasi penghapusan akun facebook
6. Masukan kata sandi kamudian klik "kirim"  kemudian ikuti petunjuk yang ada sampai kita bisa menghapus akun facebook kita secara permanen.

Demikian tulisan sederhana tentang cara menonaktifkan atau menghapus secara permanen akun facebook melalui handphone. Untuk bisa melakukan cara tersebut, ikuti tahap langkah  diatas tahap demi tahap. Semoga bermanfaat. 


No comments:

Post a Comment