Negara Terluas dan Terkecil Di Dunia Dan Terluas Terkecil Untuk Setiap Benua

Negara terluas dan terkecil pada setiap benua

Jagoan Banten. Jika teman jagoan banten sedang mencari artikel tentang negara terluas dan terkecil di dunia, semoga tulisan ini dapat membantu menjawabnya. Selain memuat tentang fakta negara terluas dan terkecil di dunia, tulisan ini juga menyajikan catatan tentang negara terluas dan terkecil untuk masing-masing benua. 

Daftar Isi

NEGARA TERLUAS DI DUNIA
NEGARA TERKECIL DI DUNIA
NEGARA TERLUAS DI BENUA ASIA
NEGARA TERKECIL DI BENUA ASIA
NEGARA TERLUAS DI BENUA AMERIKA
NEGARA TERKECIL DI BENUA AMERIKA
NEGARA TERLUAS DI BENUA AFRIKA
NEGARA TERKECIL DI BENUA AFRIKA
NEGARA TERLUAS DI BENUA EROPA
NEGARA TERKECIL DI BENUA EROPA
NEGARA TERLUAS DI BENUA AUSTRALIA
NEGARA TERKECIL DI BENUA AUSTRALIA


NEGARA TERLUAS DI DUNIA


Rusia negara terluas di dunia


Negara apakah yang paling luas di dunia? Negara dengan wilayah paling luas di dunia adalah Rusia. Wilayah negara Rusia sebagian berada di benua Eropa dan sebagian wilayah lainnya di benua Asia. Total keseluruhan luas wilayah Rusia adalah 17.098.242 km2 atau lebih dari 10% wilayah daratan di bumi.

Pengertian luas wilayah di sini adalah luas wilayah daratan ditambah luas wilayah air, di mana yang dimaksud dengan luas wilayah air adalah luas wilayah permukaan danau, sungai, teluk yang sempit, dan sejenisnya, namun tidak termasuk luas wilayah laut teritorial yang sebesar 12 mil laut dari garis pantai.

Selain itu juga tidak memperhitungkan luas wilayah dependensi yang dimiliki oleh beberapa negara, misalnya Guam dan Kepulauan Virgin yang merupakan wilayah dependensi Amerika Serikat atau Pulau Christmas and Kepulauan Cocos yang merupakan wilayah dependensi Australia.

NEGARA TERKECIL DI DUNIA


Vatikan negara terkecil di dunia


Jika Rusia dinobatkan sebagai negara terluas, lalu negara mana yang dinobatkan sebagai negara terkecil di dunia? Jika teman jagoan menjawab Singapura, bisa jadi itu benar negara yang kecil, tapi bukan terkecil di dunia. Ternyata ada negara dengan luas yang jauh lebih sempit dari Singapura dan dinobatkan sebagai negara terkecil di dunia. 

Jawaban tentang negara terkecil di dunia adalah Vatikan. Negara ini dikelilingi Kota Roma, dan memiliki luas hanya 0,2 mil dengan populasi kurang lebih 801 orang pada tahun 2020. Negara ini merupakan tempat Basilika Santo Petrus sebagai pusat spiritual bagi dunia Katolik Roma. 

Vatikan resmi berdiri pada tahun 1929 setelah ada kesepakatan dengan Negara Italia. Negara ini memiliki bentuk pemerintahan Gerejawi yang dipimpin oleh Paus Katolik. 

Berikut fakta tentang Negara Vatikan :

1) Kota Vatikan terletak di atas Bukit Vatikan dekat Sungai Tiber di Roma.Batas-batas daerah mengikuti tembok kota yang pada awalnya dibangun untuk melindungi Paus. 

2) Iklim Vatican City adalah Mediterania dan memiliki, musim hujan ringan dan musim panas yang kering. Musim dingin biasanya berlangsung dari bulan September sampai pertengahan Mei dan musim panas adalah dari Mei hingga Agustus.

3) Daerah yang membentuk Vatican City dianggap berdaulat dan independen. Wilayah ini diawasi oleh Paus dan merupakan kombinasi dari Kepausan Serikat yang dulunya tersebar di seluruh Italia. 

4) The College of Cardinals adalah dewan yang menyarankan paus dan menunjuk yang baru saat kematiannya. 

5) Penduduk dan angkatan kerja Vatican City sebagian besar terdiri dari para imam Katolik, biarawati, penjaga dan pejabat tapi sekitar 3.000 pekerja lainnya memasuki area setiap hari. 

6) Industri utama di Kota Vatikan adalah percetakan, koin dan produksi medali, perangko, mosaik dan seragam staf. Seluruh dunia perbankan dan keuangan kegiatan juga dilakukan di Vatican City dan daerah terutama didukung oleh investasi asing, pendapatan real estate dan sumbangan dari para pengikut Katolik, dan lembaga keuskupan. 

7) Vatican City mengeluarkan koin sendiri tetapi telah menggunakan Euro sejak perjanjian 1999 dengan Uni Eropa

8) Bahasa resmi di Vatican City adalah Italia, Perancis dan Latin. 

9) Meskipun ukurannya yang kecil, Kota Vatikan memiliki jaringan transportasi yang mencakup pangkalan helikopter dan kereta api pendek yang menghubungkan daerah Stasiun Santo Petrus di Roma. 

10) Kota Vatikan dikenal dengan seni. Basilika Santo Petrus, lukisan-lukisan dinding Kapel Sistina dan karya-karya seniman seperti Michelangelo berada di Vatican City. Selain itu, Perpustakaan Vatikan dan Museum Vatikan mengandung banyak item signifikansi historis, ilmiah dan budaya. Kehadiran seni ini juga menyebabkan UNESCO menyatakan Vatican City a World Heritage Site pada tahun 1984.

NEGARA TERLUAS DI BENUA ASIA


Benua Asia adalah benua terbesar di dunia. Benua ini memiliki beberapa negara yang termasuk bagian dari 10 negara terluas di dunia. 

Namun jika kita ingin mengetahui negara apa yang paling luas di benua Asia saja, maka jawabannya adalah kembali negara Rusia karena sebagian wilayah negara ini berada di Asia. 

Disusul kemudian oleh negara China dengan luas 9.706.961 km2. Namun jika Rusia tidak dikategorikan masuk wilayah Asia, dengan demikian maka negara terluas di Asia adalah China.

NEGARA TERKECIL DI BENUA ASIA


Negara terkecil di Asia : Maladewa


Untuk negara terkecil di Benua Asia, benua ini memiliki beberapa negara yang luasnya sangat kecil seperti Singapura, Hongkong, Taiwan, Macau dan sebagainya. 

Dan untuk kategori paling kecil atau negara terkecil di benua ini yaitu negara Maldives (Maladewa) dengan luas wilayah 300 kilometer persegi. 

Republik Maladewa adalah sebuah negara kepulauan yang terdiri dari kumpulan atol di Samudra Hindia. 

Maladewa terletak di sebelah selatan-barat daya India, sekitar 700 km sebelah barat daya Sri Lanka. Negara ini memiliki 26 atol yang terbagi menjadi 20 atol administratif dan 1 kota. Ibu kota Maladewa adalah  Male.

NEGARA TERLUAS DI BENUA AMERIKA


Jika Benua Amerika tidak kita bagi menjadi Amerika Utara dan Amerika Selatan, maka jawaban negara terluas di benua ini adalah Negara Kanada dengan luas 9.984.670 km2. Disusul kemudian oleh negara Amerika Serikat dan Brazil.

Kanada, dengan nama asli Dominion of Canada, merupakan negara paling utara di kawasan Amerika Utara. 

Kerajaan ini terbagi dalam 10 provinsi dan 3 teritori, dengan menganut sistem desentralisasi. 

Kanada berdiri pada tahun 1867, setelah disahkannya undang-undang Konfederasi. Ottawa menjadi ibukota negara ini.

NEGARA TERKECIL DI BENUA AMERIKA


Negara terkecil di Benua Amerika adalah negara Saint Kitts dan Nevis dengan luas wilayah hanya 261 kilometer persegi. 

Negara ini juga merupakan negara berpenduduk paling sedikit di Amerika Utara dengan populasi hanya 54.800 orang. 

Negara pulau ini terletak di Kepulauan Leeward dan terdiri dari dua pulau, Saint Kitts dan Nevis, dipisahkan oleh saluran dangkal selebar 3 km. Basseterre, ibu kota, terletak di pulau Saint Kitts.

NEGARA TERLUAS DI BENUA AFRIKA


Negara terluas di Afrika : Aljazair


Negara dengan wilayah paling luas di Benua Afrika adalah Algeria (Aljazair) dengan luas 2.381.741 kilometer persegi.

Aljazair adalah negara terbesar di Afrika dan negara terbesar ke-10 di dunia. Aljazair memperoleh kemerdekaannya dari Prancis pada tahun 1962. 

Aljazair mengekspor gas alam dalam jumlah besar ke Eropa karena cadangan gas dan minyaknya yang sangat besar. Ekspor energi adalah tulang punggung negara. 

Aljazair adalah anggota Uni Afrika, PBB, dan Liga Arab. Ibukota Aljazair adalah Aljir. Islam adalah agama yang paling umum. Gurun Sahara meliputi bagian selatan Aljazair yang menjadikan negara ini semi-gurun dengan middays yang sangat panas dan malam yang dingin.

Aljazair mengalami perang saudara dari 1991 hingga 1997 ketika gencatan senjata diumumkan. Pemilu 1999 melihat Abdelaziz Bouteflika muncul sebagai presiden.

NEGARA TERKECIL DI BENUA AFRIKA


Negara terkecil di Benua Afrika adalah negara Republik Seychelles dengan luas wilayah 452 kilometer persegi. 

Seychelles berjarak sekitar 1500 km di lepas pantai Afrika Timur. Dengan penduduk 92.000 orang dan terdiri dari 115 pulau merupakan negara dengan PDB per kapita paling mencengangkan di Afrika. 

Namun masih ada banyak orang yang tidak mampu di negara ini karena adanya kesenjangan sosial yang tinggi. Hal ini terjadi karena negara ini sangat tergantung pada pariwisata, sekitar 30% penduduknya bekerja di industri ini.

NEGARA TERLUAS DI BENUA EROPA


Seperti halnya di Asia, negara terluas di Eropa adalah Rusia. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa sebagai negara terluas di dunia, wilayah Rusia sebagian masuk ke Benua Asia dan sebagian lagi masuk ke Benua Eropa. 

Untuk di Benua Eropa sendiri, wilayah Negara Rusia adalah  3.972.400 kilometer persegi.

NEGARA TERKECIL DI BENUA EROPA


Negara terkecil di Benua Eropa seperti halnya negara terkecil di dunia adalah Vatican City. 

NEGARA TERLUAS DI BENUA AUSTRALIA


Benua Australia yang memiliki luas 7,69 juta km2 terdiri atas enam negara bagian dan dua teritorial. 

Benua ini merupakan pulau terbesar sekaligus benua terkecil di dunia yang membentang sekitar 3.700 km dari utara ke selatan dan 4.000 km dari timur ke barat, menjadikannya negara terbesar keenam setelah Rusia, Kanada, China, Amerika Serikat, dan Brasil. 

Tak sedikit yang menyebut Australia sebagai benua “pulau” karena terdiri dari satu negara yang dikelilingi oleh tiga samudra. 

Canberra merupakan ibu kota negara Australia sekaligus pusat pemerintahan yang terletak sekitar 290 km di selatan Sydney. Canberra yang berasal dari kata Aborigin Kamberra, yang berarti tempat pertemuan, di mana dulunya merupakan tanah adat suku pribumi Ngunnawal. 

Negara bagian terluas di benua Australia adalah Negara Bagian Australia Barat dengan ibu kota Perth. 

NEGARA TERKECIL DI BENUA AUSTRALIA


Dari ke enam negara bagian yang ada di Australia, Victoria merupakan negara bagian terkecil di Australia, namun dengan jumlah penduduk terpadat kedua di benua tersebut. 

Di tahun 2011, negara yang memiliki luas 237.629 km², terletak di bagian tenggara benua Australia dan beribu kota Melbourne. Sebelumnya, Victoria menjadi bagian New South Wales di mana pada 1 Januari 1901 Victoria memisahkan diri.

Demikian tulisan tentang negara terluas dan terkecil di dunia, negara terluas dan terkecil di benua Asia, negara terluas dan terkecil di benua Amerika, negara terluas dan terkecil di benua Afrika, negara terluas dan terkecil di benua Eropa dan negara terluas dan terkecil di benua Australia dengan harapan bermanfaat buat teman jagoan banten semua.

Tulisan ini diambil dari beberapa sumber yang relevan yang terdapat pada beberapa situs terpercaya. 

7 comments:

  1. Anonymous11 July, 2020

    Terima kasih, cukup membantu buat tugas sy

    ReplyDelete
  2. Anonymous11 July, 2020

    Negara terluas dan terkecil

    ReplyDelete
  3. Perasaan kanada bukan kerajaan deh. Tapi republik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kerajaan Monarki konstitusional. Ratu nya Elizabeth II. Silahkan cek Google.

      Delete
  4. Sangat membantu untuk mengerjakan tugas ips

    ReplyDelete
  5. Geografi menggambarkan negara negara di dunia dengan beragam peta luas wilayah

    ReplyDelete
  6. baca blog ini teman* biar tau info* terbaru sputr pndidikan dsb. thanks

    ReplyDelete