Negara Terkecil Di Dunia

Foto : Sinarharapan.co.id


Jika ada pertanyaan negara mana yang memiliki luas paling kecil di Wilayah Asia Tenggara, semua sepakat bahwa Singapura sebagai negara terkecil tersebut.

Tapi bagaimana jika pertanyaan itu kita rubah cakupannya menjadi terkecil di dunia? Apakah masih Singapura?

Ternyata masih banyak negara lain yang luasnya lebih sempit dari Singapura, dan negara yang paling sempit (kecil) di dunia adalah Vatikan. Negara ini dikelilingi Kota Roma, Italia.

foto : belajarliturgi.blogspot.com


Memiliki luas 0,2 mil dengan populasi kurang lebih 826 orang pada tahun 2009. Negara ini merupakan tempat Basilika Santo Petrus sebagai pusat spiritual bagi dunia Katolik Roma. 

Vatikan resmi berdiri pada tahun 1929setelah ada kesepakatan dengan Negara Italia. Negara ini memeliki bentuk pemerintahan Gerejawi yang dipimpin oleh Paus Katolik. 

Berikut fakta tentang Negara Vatikan :

Foto : www.ezilon.com


1) Kota Vatikan terletak di atas Bukit Vatikan dekat Sungai Tiber di Roma. Batas-batas daerah mengikuti tembok kota yang pada awalnya dibangun untuk melindungi Paus. 

2) Iklim Vatican City adalah Mediterania dan memiliki, musim hujan ringan dan musim panas yang kering. Musim dingin biasanya berlangsung dari bulan September sampai pertengahan Mei dan musim panas adalah dari Mei hingga Agustus. 

3) Daerah yang membentuk Vatican City dianggap berdaulat dan independen. Wilayah ini diawasi oleh Paus dan merupakan kombinasi dari Kepausan Serikat yang dulunya tersebar di seluruh Italia. 

4) The College of Cardinals adalah dewan yang menyarankan paus dan menunjuk yang baru saat kematiannya. 

5) Penduduk dan angkatan kerja Vatican City sebagian besar terdiri dari para imam Katolik, biarawati, penjaga dan pejabat tapi sekitar 3.000 pekerja lainnya memasuki area setiap hari. 

6) Industri utama di Kota Vatikan adalah percetakan, koin dan produksi medali, perangko, mosaik dan seragam staf. Seluruh dunia perbankan dan keuangan kegiatan juga dilakukan di Vatican City dan daerah terutama didukung oleh investasi asing, pendapatan real estate dan sumbangan dari para pengikut Katolik, dan lembaga keuskupan. 

7) Vatican City mengeluarkan koin sendiri tetapi telah menggunakan Euro sejak perjanjian 1999 dengan Uni Eropa

8) Bahasa resmi di Vatican City adalah Italia, Perancis dan Latin. 

9) Meskipun ukurannya yang kecil, Kota Vatikan memiliki jaringan transportasi yang mencakup pankalan helikopter dan kereta api pendek yang menghubungkan daerah Stasiun Santo Petrus di Roma. 

10) Kota Vatikan dikenal dengan seni. Basilika Santo Petrus, lukisan-lukisan dinding Kapel Sistina dan karya-karya seniman seperti Michelangelo berada di Vatican City. Selain itu, Perpustakaan Vatikan dan Museum Vatikan mengandung banyak item signifikansi historis, ilmiah dan budaya. Kehadiran seni ini juga menyebabkan UNESCO menyatakan Vatican City a World Heritage Site pada tahun 1984.

Sumber : geography.about.com