Baru Tahu Kalau Penghasil Oksigen Terbesar Di Bumi Bukan Pohon!


Hutan Pinus

Jagoan Banten. Mungkin saya termasuk ketinggalan informasi terkait ini. Pasalnya saya baru tahu bahwa penghasil oksigen terbesar dibumi bukan berasal dari pohon. 

Dulu waktu SD oleh guru dijelaskan bahwa oksigen itu dihasilkan oleh pohon melalui proses fotosintesis. Sebelum saya tahu informasi ini, saya mengira bahwa semua oksigen dibumi dihasilkan sepenuhnya oleh pohon. 

Namun fakta berkata lain, lebih dari 70% oksigen di bumi ternyata dihasilkan oleh lautan. Bagaimana bisa?

Pesisir pantai

Penggemar kartun Spongebob Squerpant pasti tahu musuh abadinya Tuan Crab. Ya, si plankton jahat yang berusaha mencuri resep Tuan Crab. Ukurannya kecil tapi punya pikiran jenius dan tidak pernah berhenti berjuang mendapatkan resep. 

Jika dalam film kartun plankton digambarkan jahat, tidak demikian faktanya dalam dunia nyata. Plankton merupakan faktor yang sangat penting dalam ekosistem laut. Plankton menjadi makanan utama ikan-ikan kecil bahkan juga ikan besar seperti paus. 
Plankton
Jenis plankton

Jenis plankton dibagi menjadi dua. Pertama fitoplankton, disebut juga sebagai mikroalga. Plankton jenis ini membutuhkan matahari untuk hidup dan berkembang. Fitoplankton bersifat seperti tumbuhan karena bisa melakukan fotosintesis. 

Kedua, zooplankton merupakan mikroskopis yang hidup pada tubuh air dan mengandalkan arus air sebagai transportasinya. Zooplankton bersifat seperti hewan. 

Nah terkait dengan oksigen berasal dari lautan, hal tersebut berhubungan dengan keberadaan plankton. Milyaran atau bahkan triliunan plankton dari jenis fitoplankton melakukan fotosintesis menghasilkan oksigen yang menyuplai lebih dari 70 % oksigen di bumi. 

Lalu bagaimana peran pohon atau hutan?
Pohon atau hutan menyumbang hanya sebagian kecil oksigen yang ada dibumi. Namun demikian bukan berarti pohon atau hutan tidak penting bagi kelangsungan hidup mahluk di bumi. Pohon atau hutan merupakan tempat tinggal banyak spesies mahluk hidup. Jika pohon atau hutan berkurang, maka tidak ada tempat tinggal untuk mereka dan bisa berdampak pada kepunahan spesies tersebut dimasa akan datang. 

Jadi tetap jaga pepohonan di sekitar kita walau tahu bahwa pohon bukan penyumbang terbesar oksigen di bumi. Terlebih jaga laut kita dari berbagai pencemaran agar fitoplankton terus berkembang dengan baik sebagai sumber makanan ikan dan juga penghasil oksigen bagi kehidupan manusia. 

Semoga pengetahuan sederhana ini bermanfaat untuk teman Jagoan Banten. 

10 comments:

  1. wah keren, terima kasih infonya

    ReplyDelete
  2. Indahnya berbagi..mksi sudah berbagi informasi

    ReplyDelete
  3. Terima kasih sudah berkunjung bu

    ReplyDelete
  4. sama, baru tahu ini ternyata biota laut berperan besar adanya oksigen....pak ilalang memang wokee.....

    ReplyDelete
  5. Wah... Terimakasih sudah berbagi, dibandingkan daratan lautan lebih luas tentu saja potosintesis dari plankton dilautan penyumbang oksigen terbesar bumi..👍👍

    ReplyDelete
  6. Terima kasih informasinya sangat bermanfaat. Tetaplah berkarya dan berbagi informasi. Thanks

    ReplyDelete