Cara Mudah Menyisipkan File PDF Pada Postingan Blog Melalui Handphone Android

Menyisipkan file ke postingan blog

Jagoan Banten. Pada postingan sebelumnya saya menulis tentang bagaimana seorang blogger bisa memanfaatkan smartphone atau handphone berbasis android dalam mengelola blog yang ia miliki. 


Banyak kelebihan yang diperoleh blogger saat menggunakan android untuk aktivitasnya dalam pengelolaan blog dibanding komputer atau laptop.

Kelebihan yang bisa saya identifikasi antara lain:

  • Lebih praktis saat dibawa sehingga bisa menulis kapan pun di mana pun.
  • Ide yang muncul tidak terbuang percuma karena bisa langsung dituliskan pada smartphone minimal ide pokok atau outline tulisan (saya yakin handphone tidak pernah lepas dari pemiliknya sehingga ide dapat dengan mudah dieksekusi).
  • Lebih hemat energi karena tidak akan menghabiskan daya listrik besar seperti pada PC. 
  • Kemudahan menuliskan ide akan membuat lebih produktif dalam menulis. 
  • Jaringan 4G atau bahkan 5G akan sangat membantu memudahkan melakukan penelusuran sumber referensi yang dibutuhkan. 

Dengan melihat kelebihan tersebut tentu saya menyarankan agar para blogger lain yang memiliki hobi menulis ikut memanfaatkan android sebagai sarana mengelola blog. Utamanya agar ide yang ada tidak hilang percuma selain tentu lebih praktis.

Namun demikian bagi sebagian blogger mengelola blog via android dianggap merepotkan terlebih jika harus bermain dengan kode html dalam memodifikasi template blog. Begitu juga saat menulis postingan jika harus membuat tabel atau menyisipkan file lainnya. 

Pada kasus tertentu, saya menyadari bahwa penggunaan komputer atau laptop lebih unggul dibanding android. Saya pernah mencoba mengganti template blog dengan template lain yang sudah jadi via android. Hasilnya ya gagal. 

Saya belum bisa menemukan solusi selain dengan copas kode html template dan memindahkannya ke edit html. Tapi itu pun masih belum bisa saya lakukan lewat android karena saya mengalami kesulitan dalam penerapannya. Beda halnya jika dengan laptop atau komputer tentu lebih mudah. 

Kendala lain yang saya hadapi saat membuat postingan dengan android yakni ketika akan menyisipkan / menanamkan (embed) file ke postingan. 

Jika dengan laptop atau komputer tentu sudah banyak tutorial yang membahas itu. Tapi menyisipkan (embed) file ke postingan lewat android saya rasa masih jarang yang melakukan. 

Tapi karena rasa penasaran, akhirnya saya bisa menemukan pula cara mudah menyisipkan (embed) file ke postingan blog. Cara ini saya dapat dari sebuah tulisan freedom-next.blogspot.com. 

Dan kali ini saya akan bagikan pengalaman saya dalam menyisipkan (embed) file pada postingan hanya dengan berbekal handphone android. 

Berikut langkah - langkah yang saya lakukan dalam menyisipkan (embed) file. (Dalam contoh ini saya akan coba menyisipkan file berbentuk pdf).

1. Pastikan anda sudah meng-upload file ke google drive. Dalam hal ini saya berasumsi anda sudah paham bagaimana cara upload file ke google drive. Jika belum silahkan pelajari tutorial yang ada di Google.

Google Drive pada android

2. Buka file Google Drive yang akan disisipkan pada postingan

File Google Drive


3. Klik tanda titik tiga pada pojok kanan atas hingga muncul pop up seperti dibawah ini

Klik berbagi link: nonaktif


4. Klik "Berbagi link:nonaktif" sehingga menjadi aktif seperti gambar dibawah

Pastikan link aktif dengan perubahan warna jadi hijau


5. Klik "Salin link" hingga muncul pemberitahuan "Link disalin ke papan klip" seperti gambar dibawah.

Keterangan bahwa link sudah disalin pada bagian bawah


6. Buat postingan blog dan alihkan pada mode html. Pastekan kode yang tadi sudah dicopy dengan cara klik tahan sampai muncul pop up untuk paste /tempel


Klik tempel atau paste untuk memindahkan 


7. Tambahkan kode <iframe height="480" src=" pada bagian depan seperti gambar dibawah ini.


Penambahan kode pada bagian depan

8. Hapus tulisan view?usp=drivesdk dan ganti dengan preview" width="100%" >< /iframe> seperti pada gambar dibawah

Hapus beberapa tulisan dibelakang

Ganti tulisan yang dihapus dengan preview "width="100%"></iframe>

9. Preview untuk memastikan bahwa langkah di atas sudah berhasil. 

Preview

10. Jika sudah berhasil silahkan publikasikan postingan anda. 

Jika anda kesulitan memahami penjelasan panjang di atas, berikut saya coba rangkum langkah yang harus anda lakukan :

A. Link yang saya salin dari Google Drive :
https://drive.google.com/file/d/1ZGxlgSUl_090UWWll4b_4MB7EUyd4a0A/view?usp=drivesdk

B. Hapus teks view?usp=drivesdk 

C. Tambahkan kode :
Untuk didepan :
< iframe height="480" src="
Untuk dibelakang pengganti yang dihapus :
preview" width="100%"></iframe>

D. Jika kode diatas digabungkan, maka hasil akhirnya pada postingan sebagai berikut :
<iframe height="480" src="https://drive.google.com/file/d/1ZGxlgSUl_090UWWll4b_4MB7EUyd4a0A/preview" width="100%"></iframe>

Catatan

Angka 480 bisa diganti sesuai keinginan seberapa panjang file yang disisipkan ingin terlihat di postingan. Contoh : 500, 1000 dsb.

Angka 100% juga bisa dimodifikasi sesuai keinginan seberapa lebar tampilan file yang disisipkan pada postingan. Contoh : 90%, 80% dst. 

Berikut video screenshoot langkah yang saya lakukan :



Untuk melihat contoh jadi hasil menyisipkan file pada postingan blog melalui Android silahkan lihat pada link di bawah ini :


Semoga bermanfaat. 


3 comments:

  1. Mantap, lengkap banget caranya. Terimakasih

    ReplyDelete
  2. Mantap, tutornya lengkap gan. Terimakasih

    ReplyDelete
  3. Mantap perlu dicoba nih, terimaksih ilmunya...

    ReplyDelete