Awas Ada Pencuri Listrik Di Rumah Kita!

Awas vampir listrik
Tagihan listrik tiap bulan membengkak? Awas, bisa jadi banyak pencuri listrik di rumah anda. Pencuri listrik disini bukanlah orang yang sengaja mencantol atau mengambil setrum tanpa seijin anda. Pencuri nya adalah barang - barang eletronikyang ada di rumah anda. Mereka lah pencurinya. Mengambil setrum listrik anda tanpa anda sadari. Bagaimana bisa?

Si pencuri listrik  atau disebut juga vampir listrik ini menyedot energi listrik dirumah secara perlahan dan anda tidak menyadarinya. Vampir listrik muncul akibat kebiasaan - kebiasaan sederhana seperti tidak mencabut charger setelah mengisi batrai handphone,  atau mematikan televisi tanpa mencabut stop kontak. 


Menurut Mantan Dirut PT. Energy Management Indonesia, Aris Yunanto yang dilansir detik.com (25/10/2016), kebiasaan membiarkan alat elektronik tetap terhubung dengan stop kontak saat sudah dimatikan akan tetap memakan listrik. Walau volume nya kecil, namun lama kelamaan akan menjadi besar, atau dengan kata lain sedikit demi sedikit akan menjadi bukit. "Vampir listrik ini nyedot nggak terasa, sedikit tapi menjadi banyak. Mungkin dalam semalam bisa 5 Watt per jam atau 50 Watt" ujarnya.

Beberapa contoh kebiasaan yang memicu munculnya si pencuri listrik atau vampir listrik antara lain lupa mematikan lampu luar saat siang hari, air Conditioner terus stand by walau pada saat ditinggalkan penghuni, hanya mencabut HP dari charger sedangkan charger tetap terhubung dengan stop kontak, tidak mematikan decoder pada televisi berbayar dan lain sebagainya. Sederhananya, saat peralatan elektronik masih terhubung dengan stop kontak atau dalam keadaan standby, maka disitulah si pencuri listrik muncul.

Walau jumlah energy yang dihabiskan oleh si pencuri listrik relatif kecil, namun jika banyak item dan dalam jangka waktu yang lama, tentu itu akan berimplikasi juga pada tagihan listrik rumah kita. Jadi cara paling sederhana dalam menghemat energy listrik adalah dengan merubah kebiasaan - kebiasaan lama yang dapat menyebabkan pemborosan energy seperti yang diuraikan di atas. Ayo kita hemat listrik untuk masa depan lebih baik.

Semoga bermanfaat ...

sumber : http://finance.detik.com/energi/3328462/awas-banyak-vampir-listrik-di-rumah-kita



No comments:

Post a Comment