Wow, Mobil Tanpa Supir Ini Pertama Kali Di Dunia Beroperasi Secara Resmi Dijalanan Umum

Bagaimana rasanya terjebak macet saat mengendarai sebuah mobil? Kesal, jenuh, lelah dan perasaan lain bercampur aduk yang dirasakan. Dan mungkin kita pun berkhayal jika seandainya mobil bisa mengemudi sendiri tanpa harus dikendalikan oleh seorang supir.  Sehingga kita tidak perlu repot mengemudi pada situasi yang kadang menyebalkan. 
Dan tampaknya saat ini hal tersebut sudah bisa menjadi kenyataan. Banyak perusahaan berskala internasional berlomba - lomba untuk membuat mobil yang bisa bergerak tanpa seorang supir. Apa mungkin bisa?

Faktanya, saat ini sudah banyak prototype mobil tanpa supir (driverless car /autonomous vehicle) di buat. Bahkan beberapa negara maju seperti Uni Emirat Arab, Amerika Serikat, Jepang dan lain sebagainya sudah melakukan uji coba penggunaan mobil tanpa supir tersebut. Terakhir diberitakan bahwa Singapura adalah negara pertama di dunia yang bukan hanya uji coba mobil tanpa supir, tapi mobil tanpa supir di sana sudah beroperasi secara resmi di jalanan umum pada tahun 2016 ini.

Adalah mobil besutan Perusahaan nuTonomy, perusahan rintisan pengembang piranti lunak untuk mobil tanpa supir di Amerika Serikat yang juga memiliki kantor di Singapura. Dan mobil nuTonomy ini menjadi mobil pertama di dunia yang beroperasi secara resmi di dunia sebagai sebagai taksi di Singapura. Mobil nuTonomy ini adalah modifikasi dari mobil Renault dan Mitshubishi karena memang Perusahan nuTonomy sendiri bukanlah produsen mobil. 

Untuk sementara ini, nuTonomy di Singapura baru beroperasi enam armada dengan daerah jangkauan 4 km persegi untuk wilayah barat Singapura. Untuk mencoba taksi tanpa supir ini, kita harus mendaftar terlebih dahulu setelah menerima undangan dari nuTonomy dan sejauh ini baru beberapa orang yang mendaftar program tersebut. Kedepan, nuTonomy sendiri akan memperluas layanannya untuk ribuan orang lainnya.

NuTonomy memilih Singapura sebagai negara pertama di dunia yang mengoperasikan secara resmi pertama kali mobil tanpa supir bukan tanpa alasan. Pertama, Singapura sudah menjadi surga taksi karena untuk memiliki mobil pribadi disana sangatlah mahal. Kedua, ongkos taksi lebih murah dan banyak sekali permintaan pemesanan taksi. Ketiga, lalu lintas di Singapura cukup disiplin dan teratur. Peluang inilah yang diambil oleh nuTonomy.

Selain nuTonomy, sebetulnya masih banyak lagi mobil tanpa supir lain yang sudah dikembangkan. Bahkan situs gayot.com sudah membuat 10 mobil tanpa supir terbaik di dunia. Mobil tersebut antara lain :

Tesla Model S P90D Autopilot

Volvo XC90 Self-Driving

Faraday Future FFZERO01

BMW 7 Series

Mercedes-Benz S65 AMG Coupe

Infinity Q50S Intelligent

Audi RS 7

Acura RLX Sedan

Lexus GS 450h

Rolls Royce Luxury Sedan

Namun demikian, mobil - mobil terbaik tanpa supir itu sendiri baru memasuki tahap ujicoba dan belum beroperasi secara resmi seperti halnya nuTonomy. Maka, dapatlah dikatakan bahwa nuTonomy adalah mobil tanpa supir pertama di dunia yang beroperasi secara resmi di jalanan Singapura.

Semoga bermanfaat ...

sumber : diolah dari beberapa sumber
gambar ; google.com dan gayot.com


No comments:

Post a Comment