Permainan Panjat Pinang Harus Ditiadakan Karena ....

Melihat tayangan di sebuah stasiun televisi swasta (NET.TV) hari ini cukup membuat hati tertegun. Dalam acara pagi itu disajikan beberapa jenis permainan yang biasa dilakukan saat perayaan kemerdekaan RI. Diantara sekian banyak permainan yang ada, salah satu yang begitu populer adalah panjat pinang. Yang membuat saya tertegun adalah ketika saya menyaksikan bagaimana sejarah awal mula munculnya permainan panjat pinang ini. Ternyata panjat pinang adalah permainan yang sangat melecehkan bangsa Indonesia.

Kode Etik Profesi Guru

Kode etik adalah kumpulan norma - norma yang merupakan pedoman perilaku profesional dalam melaksanakan profesi. Kode etik guru adalah adalah suatu norma atau aturan tata susila yang mengatur tingkah laku guru, dan oleh karena itu harus ditaati guru. 

Rangkuman Tentang Aliran Teori Belajar


Teori belajar mutlak dikuasai guru sebagai salah satu unsur kompetensi pedagogik seperti yang diamanatkan Permendikbud nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Ikhtisar: Teori Penyimpangan Sosial

Perilaku menyimpang adalah suatu perilaku yang dieskpresikan seseorang atau beberapa orang masyarakat yang disadari atau tidak telah menyimpang dari norma - norma yang berlaku yang telah diterima oleh sebagian besar masyarakat.

Terdapat beberapa teori yang menjelaskan tentang perilaku menyimpang mulai dari adanya interaksi, pemberian julukan, sampai pada teori pengendalian. Berikut rangkuman teori tentang penyimpangan sosial :

Kekuatan dan Kelemahan Teori – teori Masuknya Hindu di Indonesia

Ilustrasi Teori Masuk Hindu di Indonesia

Terdapat dua teori yang menjelaskan masuknya Hindu – Budha di Indonesia, yaitu 1) peran aktif orang India menyebarkan Hindu Budha (teori Waisya, teori Ksatria, dan teori Brahmana), dan 2) peran aktif orang Indonesia sendiri dalam menyebarkan Hindu Budha (teori Arus Balik dan teori Sudra). Berikut adalah penjelasan tentang kekuatan dan kelemahan untuk masing - masing teori :

Siswa Sapi Perah Guru!!


Tidak ada salahnya guru memiliki jiwa wirausaha. Untuk menambah penghasilannya yang dianggap masih kurang bisa saja dengan mencari tambahan penghasilan dari bidang lain dengan cara berwirausaha. Ini berlaku bagi guru yang memang penghasilannya jauh panggang dari api seperti para honorer atau guru lain yang belum tersertifikasi. Sedangkan bagi mereka yang sudah mendapatkan tunjangan sertifikasi, penghasilan mereka lebih dari cukup walau faktanya tunjangan sertifikasi yang diperoleh sering tersendat. Namun demikian, profesional menjadi kata wajib bagi guru – guru tersebut. Profesional disini dapat diartikan bahwa mereka harus menjalankan tugasnya sebagai guru dengan sepenuh hati, sepenuh daya dan tidak terbagi dengan kesibukan pada bidang lain. Apalagi usaha sampingan.

Contoh Laporan Kegiatan Belajar Mandiri Ke 1, Pembekalan / Pra Kondisi PLPG 2017

Sebagai peserta PLPG 2017, saya diwajibkan mengikuti kegiatan pra kondisi atau pembekalan dengan belajar moda daring selama 3 bulan. Selama kegiatan tersebut para peserta diminta membuat laporan belajar mandiri meliputi materi pedagogik dan profesional. Dengan dipandu oleh mentor yang ditunjuk LPTK, para peserta diwajibkan membuat laporan - laporan tersebut secara mandiri. Berikut ini adalah contoh laporan belajar mandiri ke satu tentang materi pedagogik. Laporan ini belum sempurna karena masih mendapatkan kritik dari mentor sebagai berikut :

Walaupun belum sempurna, bagi rekan yang belum melaksanakan pembuatan laporan belajar mandiri pra kondisi ke satu tentang materi pedagogik, setidaknya laporan ini dapat dijadikan acuan untuk membuat laporan pra kondisi / pembekalan yang lebih baik.