Daftar Sungai Terpanjang Di Tiap Negara Asia Tenggara

Berikut ini adalah daftar sungai terpanjang untuk masing - masing negara di kawasan Asia Tenggara.  



1. Indonesia


Sungai terpanjang di Indonesia terletak di pulau Kalimantan dengan panjang 1143 km yaitu sungai Kapuas. Sungai ini terletak di Provinsi Kalimantan Tengah, tepatnya di Kabupaten Kapuas mulai dari Kapuas Hulu dan berakhir di Laut Jawa.


Nama sungai Kapuas diambil dari nama daerahnya yaitu Kapuas. Namun demikian, Kesultanan Banjar menyebut sungai ini dengan Batang Lawai yang mengacu pada daerah Lawie atau Lawai (sekarang Kabupaten Melawi).

Terdapat lebih dari 700 spesies ikan di Sungai Kapuas dengan 12 diantaranya termasuk ikan langka serta 40 spesies terancam punah.  Namun keberadaan ikan - ikan tersebut terancam akibat pencemaran logam berat dan bahan kimia dari aktivitas penambangan emas dan perak.



2. Mynamar


Terdapat beberapa sungai panjang yang melewati Myanmar antara lain Mekong, Salwen, Irrawaddy, Chindwin dan lain-lain. Namun sungai paling panjang sepenuhnya berada di Myanmar adalah sungai Irrawady.

Sungai Irrawaddy memiliki panjang 2.170 km. Sungai ini membentang dari ujung utara dan berakhir di Laut Andaman. Sungai ini adalah hasil pertemuan sungai N'Mai dan sungai Mali. Sungai Irrawaddy memiliki peran penting bagi perekonomian Myanmar.

3. Malaysia

Sungai terpanjang di Malaysia adalah sungai Rajang dengan panjang 563 km. Sungai ini membentang dari Pegunungan Iran sampai ke Laut Cina Selatan. Secara historis, sungai ini sangat penting bagi Suku Iban yang hidup ditepian sungai. Sungai ini juga digunakan sebagai sarana transportasi yang biasanya dilewati perahu - perahu dan kapal motor.
Sungai terpanjang lain yang terdapat di Malaysia antara lain sungai Kinabatangan, Pahang dan Perak.

4. Filipina

Sungai terpanjang di Filipina adalah sungai Cagayan dengan panjang 314 mil atau 505 km. Dalam bahasa lokal, sungai ini disebut Rio Grande de Cagayan. Sungai ini mengalir dari pegunungan Caraballo ke Selat Babuyan atau Laut Filipina.

5. Brunei Darusalam

Sungai terpanjang di Brunei Darussalam adalah sungai Brunei dengan panjang 41 km yang mengalir melalui Brunei hingga teluk Brunei dengan arah aliran timur laut. Sungai terpanjang kedua yaitu sungai Belait dengan panjang 32 km.

6. Laos

Sungai terpanjang di Laos adalah sungai Mekong. Sungai ini adalah sungai terpanjang di Asia Tenggara dengan panjang mencapai 4350 km dengan luas keseluruhan 795.000 kilometer persegi. Sungai Mekong juga dikenal sebagai sungai terpanjang ke-12 di dunia.

Selain Laos, negara yang dilintasi sungai Mekong antara lain Provinsi Yunnan di China, Myanmar, Laos, Thailand, Kamboja dan Vietnam. Sungai ini merupakan jalur bagi tranportasi penting dalam perdagangan masyarakat di sekitarnya.

7. Kamboja

Sungai terpanjang di Kamboja adalah Sungai Mekong seperti halnya beberapa negara lain di Asia Tenggara. Sungai ini melintas dari Laos menuju Kota Phnom Penh dan tembus ke negara Vietnam. Sungai Mekong di Kamboja ini juga terhubung dengan danau terbesar di Kamboja yaitu Tonle Sap.

8. Thailand

Sungai terpanjang di Thailand seperti halnya Laos adalah Mekong dan kedua Sungai Salween. Namun jika sungai yang hanya melintasi Thailand saja, yang paling panjang adalah sungai Chi dengan panjang 475 mil atau 765 km. Sungai ini bersumber dipegunungan Phetchabun dan bermuara di sungai Mun.

9. Vietnam

Sungai terpanjang di Vietnam adalah sungai Mekong. Namun jika sungai yang hanya melintasi Vietnam saja, sungai terpanjang di negara ini adalah sungai Doi Nai dengan panjang 364 mil atau 586 km. 

10. Singapura

Sungai terpanjang di Singapura adalah sungai Kallang dengan panjang hanya 10 km. Sungai ini menjadi sungai terpanjang karena memang wilayah Singapura tidaklah terlalu luas.

11. Timor Leste

Sungai terpanjang di Timor Leste adalah Benanain atau yang biasanya juga disebut Sungai Benain. Sungai ini memiliki panjang hingga 135 km. Sungai ini membentang dari kawasan Gunung Mutis di Kabupaten Timor Tengah Utara. 

Demikian informasi tentang sungai - sungai terpanjang di negara - negara Asia Tenggara. Semoga bermanfaat ...*

*diolah dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment