Manfaat Perdagangan Internasional Bagi Pelajar

Ilustrasi perdagangan internasional

Jagoan Banten. Perdagangan internasional yaitu proses tukar menukar barang atau jasa antara dua negara atau lebih yang bertujuan menghasilkan laba atau keuntungan.


Istilah yang paling umum dalam perdagangan internasional yaitu ekspor dan impor.

Ekspor merupakan kegiatan menjual barang dari dalam negeri ke luar negeri. Sedangkan impor merupakan kegiatan membeli barang dari luar negeri untuk digunakan didalam negeri. 

Ekspor akan mendatangkan keuntungan bagi negara berupa devisa, sedangkan impor akan mengurangi jumlah devisa negara bersangkutan.

Devisa merupakan alat pembayaran luar negeri. Bentuk devisa antara lain mata uang kuat (seperti dollar Amerika, Yen Jepang, Euro Eropa, Poundsterling Inggris dll), emas, atau surat berharga yang diakui secara internasional.

Jika jumlah ekspor lebih besar dari impor, maka negara akan mendapat keuntungan atau surplus. Sebaliknya, jika ekspor lebih kecil dari impor maka neraca perdagangan akan merugi atau defisit. 

Karena nilai uang setiap negara berbeda, ketika menggunakan mata uang kuat sebagai alat pembayaran internasional, maka akan dikenal perbandingan antara satu mata uang dengan mata uang negara lain yang disebut kurs. 

Kurs terdiri dari kurs jual dan kurs beli. Kurs jual merupakan nilai tukar mata uang asing atau valuta asing saat bank atau lembaga keuangan menjual uang tersebut. Sebaliknya kurs beli yaitu nilai tukar mata uang asing saat bank atau lembaga keuangan membeli uang tersebut. 

Perdagangan internasional mutlak dibutuhkan karena setiap negara tidak akan bisa mencukupi kebutuhan dalam negeri jika hanya mengandalkan sumber daya yang ada di dalam negeri. 

Sebagai contoh, Singapura sebagai negara industri membutuhkan bahan baku yang berasal dari negara lain seperti Indonesia karena sumber daya di negaranya tidak ada.

Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari adanya perdagangan internasional bagi suatu negara antara lain :

  1. Kebutuhan akan barang dan jasa akan terpenuhi walau tidak tersedia sumber daya dinegara tersebut
  2. Tercipta spesialisasi produk yang tidak bisa dihasilkan negara lain
  3. Perdagangan internasional memungkin untuk mendapatkan barang dan jasa dari negara-negara yang menjual produknya lebih murah.
  4. Meningkatkan kegiatan produksi dengan target pemasaran yang lebih luas (tidak hanya dalam negeri)
  5. Meningkatkan hubungan persahabatan antara negara yang melakukan perdagangan
  6. Meningkatnya volume produksi dalam memenuhi permintaan negara-negara lain
  7. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi akan meningkat seiring penelitian - penelitian baru dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas produk dipasaran internasional
  8. Meningkatnya pendapatan negara seiring bertambahnya devisa hasil ekspor
  9. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu negara yang berpengaruh pada berkurangnya tingkat pengangguran
Dan mungkin masih banyak manfaat lain yang bisa diperoleh dari perdagangan internasional tersebut. Namun demikian, manfaat diatas akan tercapai jika perdagangan internasional pada posisi surplus. 

Lalu apakah perdagangan internasional akan bermanfaat juga bagi pelajar? Tentu saja iya, karena pelajar merupakan bagian dari konsumen yang berada di suatu negara. Dengan adanya perdagangan internasional, pelajar dapat memenuhi kebutuhannya dengan memilih produk-produk berkualitas dengan harga yang lebih murah. 

Berikut manfaat lain perdagangan internasional bagi pelajar :

1. Pembelajaran menjadi lebih berkualitas dengan dukungan berbagai teknologi yang mungkin belum menjadi bagian produk nasional.

2. Pilihan produk untuk memenuhi kebutuhan pelajar lebih bervariasi dengan variasi harga dari yang mahal sampai yang paling murah.

3. Pelajar akan termotivasi untuk bisa menciptakan produk baru yang tidak kalah dengan produk luar negeri pada waktunya nanti

4. Produk luar negeri yang dipasarkan secara online bisa diakses dan dijual dalam negeri sebagai usaha sampingan seorang pelajar

5. Sumber belajar tidak hanya mengandalkan produk dalam negeri, berbagai buku bacaan luar negeri bisa dijadikan referensi begitu juga dengan pemanfaatan teknologi informasi semisal internet.

6. Perdagangan internasional merupakan hal yang penting untuk dipelajari sehingga sekolah mengajarkan materi atau konsep perdagangan internasional. Hal ini bermanfaat bagi pelajar untuk mengenal lebih dalam konsep-konsep penting dalam perdagangan internasional.

Dari beberapa daftar di atas, mungkin masih banyak manfaat lain perdagangan internasional bagi pelajar. Silahkan untuk mengidentifikasi sendiri.

Demikian tulisan tentang manfaat perdagangan internasional bagi pelajar semoga bermanfaat bagi para pelajar yang sedikit kebingungan dalam menyelesaikan tugas yang diberikan guru di sekolah.

Terima kasih sudah membaca artikel Manfaat Perdagangan Internasional Untuk Pelajar

Baca Tulisan Terkait :


2 comments:

  1. Mantap, padat dan lengkap ulasannyamin, terima kasih utk literasinya.

    ReplyDelete