Perbedaan Kurikulum Merdeka Dengan Kurikulum 2013 Untuk Setiap Jenjang (Bagian 3)


Jagoan Banten. Jika pada tulisan sebelumnya sudah disajikan perbedaan antara Kurikulum Merdeka dengan Kurikulum 2013 untuk jenjang PAUD, SD, SMP, dan SMA, maka tulisan pada bagian 3 ini akan menyajikan perbedaan pada jenjang SMK dan pendidikan kesetaraan.

Jika belum membaca tulisan pada bagian 1 dan 2, silahkan klik Disini.

Berikut perbedaan untuk jenjang SMK dan pendidikan kesetaraan.


Perbedaan Kurikulum Merdeka Dengan Kurikulum 2013 Untuk Jenjang SMK


1. Perbedaan Kerangka Dasar


Kurikulum Merdeka :

  • Rancangan landasan utama Kurikulum Merdeka adalah tujuan Sistem Pendidikan Nasional dan Standar Nasional Pendidikan.
  • Mengembangkan profil pelajar Pancasila pada peserta didik

Kurikulum 2013 :

  • Rancangan landasan utama Kurikulum 2013 adalah tujuan Sistem Pendidikan Nasional dan Standar Nasional Pendidikan

2. Perbedaan Kompetensi Yang Dituju


Kurikulum Merdeka :

  • Capaian Pembelajaran yang disusun per fase
  • Capaian Pembelajaran dinyatakan dalam paragraf yang merangkaikan pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk mencapai, menguatkan, dan meningkatkan kompetensi SMK terdiri dari:
    • Fase E (umumnya setara dengan kelas X SMK)
    • Fase F (umumnya setara dengan kelas XI dan XII dan/atau kelas XI, XII, dan XIII)

Kurikulum 2013 :

  • Kompetensi Dasar (KD) yang berupa lingkup dan urutan (scope and sequence) yang dikelompokkan pada empat Kompetensi Inti (KI) yaitu: Sikap Spiritual, Sikap Sosial, Pengetahuan, dan Keterampilan
  • KD dinyatakan dalam bentuk point-point dan diurutkan untuk mencapai KI yang diorganisasikan pertahuan
  • KD pada KI 1 dan KI 2 hanya terdapat pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

3. Perbedaan Struktur Kurikulum


Kurikulum Merdeka :

  • Struktur kurikulum SMK mengacu spektrum keahlian SMK yang ditetapkan oleh Pemerintah terdiri atas Bidang Keahlian dan Program Keahlian. Satuan pendidikan bekerja sama dengan industri mitra dapat membuat konsentrasi keahlian (yang sebelumnya disebut kompetensi keahlian) berdasarkan kebutuhan dunia kerja
  • Struktur kurikulum terdiri atas 2 (dua) bagian yaitu:
    • Kelompok mata pelajaran umum; dan
    • Kelompok mata pelajaran kejuruan.
  • Jam Pelajaran (JP) diatur per tahun atau per fase. Satuan pendidikan dapat mengatur alokasi waktu pembelajaran secara fleksibel untuk mencapai JP yang ditetapkan
  • Satuan pendidikan dapat menggunakan pendekatan pengorganisasian pembelajaran berbasis mata pelajaran, tematik, atau terintegrasi
  • Satuan pendidikan atau peserta didik dapat memilih sekurang-kurangnya satu dari lima mata pelajaran Seni dan Prakarya: Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, Seni Tari, atau Prakarya
  • Kelompok mata pelajaran kejuruan terdiri atas mata pelajaran-mata pelajaran matematika dan bahasa inggris yang diselenggarakan di fase E dan F, mata pelajaran informatika, projek ilmu pengetahuan alam dan sosial, serta dasar-dasar program keahlian yang diselenggarakan di fase E, dan mata pelajaran projek kreatif dan kewirausahaan, konsentrasi keahlian, praktik kerja lapangan, dan mata pelajaran pilihan yang diselenggarakan di fase F

Kurikulum 2013 :

  • Struktur kurikulum SMK mengacu spektrum keahlian SMK yang ditetapkan oleh Pemerintah terdiri atas Bidang Keahlian, Program Keahlian, dan Kompetensi Keahlian. Satuan pendidikan hanya dapat menyelenggarakan kompetensi keahlian yang tercantum dalam spektrum keahlian SMK
  • Struktur kurikulum terdiri atas 3 (tiga) bagian yaitu:
    • Kelompok muatan nasional;
    • Kelompok muatan kewilayahan; dan
    • Kelompok muatan peminatan kejuruan
  • Jam Pelajaran (JP) diatur per minggu atau perprogram (3 tahun/4 tahun). Satuan pendidikan dapat mengatur alokasi waktu pembelajaran secara rutin setiap minggu dalam setiap semester atau mengatur alokasi waktu pembelajaran secara fleksibel untuk mencapai JP yang ditetapkan, tetapi setiap semester peserta didik akan mendapatkan nilai hasil belajar semua mata pelajaran.
  • Satuan pendidikan diarahkan menggunakan pendekatan pengorganisasian pembelajaran berbasis mata pelajaran.
  • Peserta didik dapat memilih satu dari empat aspek pada mata pelajaran Seni Budaya: Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, Seni Tari, dan dapat mengganti aspek pada semester berikutnya berdasarkan minatnya
  • Muatan kejuruan terdiri atas kelompok mata pelajaran dasar bidang keahlian dan kelompok mata pelajaran dasar program keahlian yang diselenggarakan di kelas X, dan kelompok mata pelajaran kompetensi keahlian yang diselenggarakan di kelas XI, XII dan/atau XIII

4. Perbedaan Pembelajaran


Kurikulum Merdeka :

  • Menguatkan pembelajaran terdiferensiasi sesuai tahap capaian peserta didik
  • Paduan antara pembelajaran intrakurikuler (sekitar 70-80% dari jam pelajaran) dan kokurikuler melalui projek penguatan profil pelajar Pancasila (sekitar 20-30% jam pelajaran)

Kurikulum 2013 :

  • Pendekatan pembelajaran menggunakan satu pendekatan yaitu pendekatan saintifik untuk semua mata pelajaran
  • Pada umumnya, pembelajaran terfokus hanya pada intrakurikuler (tatap muka), untuk kokurikuler dialokasikan beban belajar maksimum 50% diluar jam tatap muka, tetapi tidak diwajibkan dalam bentuk kegiatan yang direncanakan secara khusus, sehingga pada umumnya diserahkan kepada kreativitas guru pengampu

5. Perbedaan Penilaian


Kurikulum Merdeka :

  • Penguatan pada asesmen formatif dan penggunaan hasil asesmen untuk merancang pembelajaran sesuai tahap capaian peserta didik
  • Menguatkan pelaksanaan penilaian autentik terutama dalam projek penguatan profil pelajar Pancasila
  • Tidak ada pemisahan antara penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan

Kurikulum 2013 :

  • Penilaian formatif dan sumatif oleh pendidik berfungsi untuk memantau kemajuan belajar, memantau hasil belajar, dan mendeteksi kebutuhan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan
  • Menguatkan pelaksanaan penilaian autentik pada setiap mata pelajaran
  • Penilaian dibagi menjadi penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan

6. Perbedaan Perangkat Ajar Yang Disediakan Pemerintah


Kurikulum Merdeka :

  • Buku teks dan buku non-teks
  • Contoh-contoh modul ajar, alur tujuan pembelajaran, contoh projek penguatan profil pelajar Pancasila, contoh kurikulum operasional satuan pendidikan

Kurikulum 2013 :

  • Buku teks dan buku non-teks
  • Bahan ajar yang dikembangkan oleh direktorat SMK

7. Perbedaan Perangkat Kurikulum


Kurikulum Merdeka :

  • Panduan Pembelajaran dan Asesmen, panduan pengembangan kurikulum operasional sekolah, panduan pengembangan projek penguatan profil pelajar Pancasila, panduan pelaksanaan pendidikan inklusif, panduan penyusunan Program Pembelajaran Individual, modul layanan bimbingan konseling

Kurikulum 2013 :

  • Pedoman implementasi kurikulum, Panduan Penilaian, dan Panduan Pembelajaran setiap jenjang



Perbedaan Kurikulum Merdeka Dengan Kurikulum 2013 Untuk Jenjang Pendidikan Kesetaraan


1. Perbedaan Kerangka Dasar


Kurikulum Merdeka :

  • Rancangan landasan utama Kurikulum Merdeka adalah tujuan Sistem Pendidikan Nasional dan Standar Nasional Pendidikan.
  • Mengembangkan profil pelajar Pancasila pada peserta didik

Kurikulum 2013 :

  • Rancangan landasan utama Kurikulum 2013 adalah tujuan Sistem Pendidikan Nasional dan Standar Nasional Pendidikan

2. Perbedaan Kompetensi Yang Dituju


Kurikulum Merdeka :

  • Terdiri dari dua kelompok mata pelajaran: 
    • Kelompok Umum kompetensi yang dituju sama dengan Capaian Pembelajaran untuk Jalur Pendidikan Formal Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. 
    • Kelompok Mata Pelajaran Pemberdayaan dan Keterampilan

Kurikulum 2013 :

  • Terdiri dari dua kelompok mata pelajaran:
    • Kelompok Umum kompetensi yang dituju sama dengan KI dan KD Mata pelajaran untuk Jalur Pendidikan Formal, Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.
    • Kelompok Muatan Khusus berupa Pemberdayaan dan Keterampilan. KI-KD disusun oleh Satuan Pendidikan Non-Formal Pendidikan Kesetaraan dengan pendampingan.

3. Perbedaan Struktur Kurikulum


Kurikulum Merdeka :

  • Struktur kurikulum pendidikan kesetaraan terdiri mata pelajaran kelompok umum dan kelompok pemberdayaan dan keterampilan berbasis profil pelajar Pancasila
  • Usulan: Muatan Belajar dinyatakan dalam satuan kredit kompetensi (SKK) yang menunjukkan bobot kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik dalam mengikuti program pembelajaran, baik melalui pembelajaran tatap muka, tutorial, dan atau belajar mandiri.

Kurikulum 2013 :

  • Struktur kurikulum pendidikan kesetaraan terdiri mata pelajaran kelompok umum dan kelompok pemberdayaan dan keterampilan
  • Muatan Belajar dinyatakan dalam satuan kredit kompetensi (SKK) yang menunjukkan bobot kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik dalam mengikuti program pembelajaran, baik melalui pembelajaran tatap muka, tutorial, dan atau belajar mandiri

4. Perbedaan Pembelajaran


Kurikulum Merdeka :

  • BELAJAR BERBASIS MODUL mandiri penuh, atau blended learning (mandiri dan tatap muka/tutorial daring).

Kurikulum 2013 :

  • BELAJAR BERBASIS MODUL mandiri penuh, atau blended learning (mandiri dan tatap muka)

5. Perbedaan Penilaian


Kurikulum Merdeka : -

Kurikulum 2013 : -

6. Perbedaan Perangkat Ajar Yang Disediakan Pemerintah


Kurikulum Merdeka :

  • Dalam bentuk modul yang disusun oleh Satuan Pendidikan Penyelenggara Program Pendidikan Kesetaraan
  • Kemendikbudristek menyediakan beragam contoh modul ajar, contoh alur tujuan pembelajaran, dan contoh kurikulum operasional satuan pendidikan yang dapat digunakan di satuan pendidikan atau sebagai inspirasi

Kurikulum 2013 :

  • Dalam bentuk modul yang disusun oleh Satuan Pendidikan Penyelenggara Program Pendidikan Kesetaraan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Direktorat Pendidikan Kesetaraan)

7. Perbedaan Perangkat Kurikulum

Kurikulum Merdeka : - 

Kurikulum 2013 : - 

Demikian semoga bermanfaat.


Referensi / sumber :

https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/

No comments:

Post a Comment