BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Permasalahan
yang sering dihadapi oleh para guru di sekolah adalah masih rendahnya hasil
belajar siswa.
Masalah ini menjadi masalah klasik yang secara terus menerus dihadapi oleh guru
– guru di sekolah. Sekalipun banyak pakar yang menawarkan sejumlah solusi atas
permasalahan tersebut, namun dalam tataran teknis tampaknya masalah ini belum
juga teratasi.
Banyak
faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Jika siswa dinyatakan sebagai raw input, pembelajaran
sebagai proses, dan hasil belajar sebagai output, maka input dan proses
harusnya adalah faktor – faktor itu. Dalam
diri siswa terdapat minat, bakat, kemampuan, motivasi dan lain sebagainya. Lingkungan
disekitar siswa seperti orang tua, fasilitas dirumah, teman bermain, masyarakat sekitar juga ikut berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Begitu pun dengan proses pembelajaran, terdapat banyak faktor yang mempengaruhi seperti
kompetensi guru, fasilitas sekolah, kepala sekolah, dan lain
sebagainya termasuk media pembelajaran yang rancang dan digunakan oleh guru
selama pembelajaran.