Jenis Publikasi Ilmiah dan Angka Kreditnya

Wacana kenaikan pangkat secara otomotis empat tahun sekali masih terus bergulir sejak tahun 2015 yang lalu. Namun sampai sekarang, wacana tersebut belum juga direalisasikan. Pola - pola lama masih digunakan yaitu dengan sistrem pengajuan angka kredit.
Dalam mengajukan kenaikan pangkat, seorang PNS akan dihitung angka kreditnya untuk menentukan apakah dia layak atau tidak untuk naik pangkat. Angka kredit adalah satuan nilai dari tiap butir kegiatan dan/atau akumulasi nilai - nilai butir kegiatan yang harus dicapai oleh guru dalam rangka pembinaan karir kepangkatan dan jabatannya. Angka kredit kenaikan pangkat diatur dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010. 
Angka kredit yang dipersyaratkan untuk kenaikan pangkat setiap golongan adalah sebagai berikut :
angka kredit untuk tiap golongan
Berdasarkan tabel di atas, dapat diketahui bahwa setiap kenaikan pangkat atau golongan ruang harus memenuhi angka kredit kumulatif minimal. Misal, seorang PNS golongan III/a akan mengajukan kenaikan pangkat menjadi III/b, maka angka kredit kumulatif minimal yang harus ia miliki adalah 150. Angka ini diperoleh dari angka kredit kumulatif III/a ditambah dengan angka kredit yang baru minimal 50. Atau dengan kata lain, seorang PNS golongan III/a yang ingin naik pangkat harus mengumpulkan minimal 50 poin angka kredit. Dari golongan III/b ke golongan III/c, maka harus mengumpulkan 50 poin angka kredit juga. Sedangkan jika ingin naik pangkat dari III/c ke III/d, angka kredit yang harus diperoleh untuk mencapai Angka Kredit Kumulatif Minimal 300 berarti harus mengumpulkan tambahan angka kredit sebesar 100 poin. Begitu seterusnya.

Angka kredit yang diperoleh bersumber dari Penilaian Kinerja Guru (PKG) yang diadakan setiap tahunnya. Namun, yang harus menjadi perhatian, selain angka kredit dari PKG, PNS guru untuk golongan III/b ke atas diwajibkan melaksanakan Publikasi Ilmiah atau Karya Inovatif. Angka kredit minimal untuk Publikasi Ilmiah tiap golongan adalah sebagai berikut :
Tabel Keawjiban Publikasi Ilmiah Untuk Setiap Golongan
Dari tabel diatas, dapat diketahui bahwa untuk golongan III/a tidak diwajibkan membuat publikasi ilmiah. Sedangan golongan III/b harus mengumpulkan 4 poin angka kredit Publikasi Ilmiah untuk bisa naik pangkat ke III/c. Berikutnya untuk golongan III/c harus mengumpulkan 6 poin angka kredit kumulatif untuk Publikasi Ilmiah jika akan mengajukan kenaikan pangkat ke III/d. Begitu seterusnya.

Selanjutnya mungkin akan timbul pertanyaan, Jenis Publikasi Ilmiah seperti apa yang akan mendapatkan poin angka kredit?. Publikasi Ilmiah yang akan mendapat angka kredit menurut Juknis Permendiknas No. 35 Tahun 2010 adalah sebagai berikut :

1. Presentasi pada Forum Ilmiah, yaitu :

a. Sebagai narasumber pada seminar atau lokakarya ilmiah, angka kreditnya adalah 0,2.
b. Menjadi narasumber pada koloqium atau diskusi ilmiah, angka kreditnya 0, 2.
Selanjutnya bukti fisik yang dinilai / harus dipersiapkan adalah :
a. makalah yang sudah disajikan pada pertemuan ilmiahdan telah disahkan oleh kepala sekolah/madrasah
b. Surat keterangan dari panitia seminar atau sertifikat/piagam dari panitia pertemuan ilmiah.

2. Publikasi Ilmiah berupa hasil penelitian atau gagasan ilmu bidang pendidikan formal, meliputi :

a. Karya Tulis berupa laporan hasil penelitian :

  • Laporan hasil penelitian yang diterbitkan/dipublikasikan dalam bentuk buku ber ISBN dan telah mendapat pengakuan BSNP, angka kredit yang diperoleh 4, dengan bukti fisik buku asli atau fotocopi yang menunjukan keterangan nama penerbit, tahun terbitan, serta nomor ISBN. Jika buku tersebut diedarkan secara nasional, harus disertakan pernyatan dari penerbit. Jika telah lulus penilaian BNSP, maka harus ada keterangan yang jelas dari BSNP.
  • Laporan hasil penelitian yang disusun menjadi artikel ilmiah, diterbitkan/dipublikasikan dalam majalah ilmiah/jurnal ilmiah diedarkan secara nasional dan terakreditasi, angka kredit yang diperoleh  3, dengan bukti fisik majalah/jurnal asli atau fotokopi yang menunjukan adanya nomro ISSN
  • Laporan hasil penelitian yang disusun menjadi artikel ilmiah, diterbitkan/dipublikasikan dalam majalah ilmiah/jurnal ilmiah tingkat propinsi, angka kredit yang diperoleh 2, bukti fisik berupa jurnal yang disertai keterangan tentang tingkat penerbitan.
  • Laporan hasil penelitian yang disusun menjadi artikel ilmiah, diterbitkan/dipublikasikan dalam majalah ilmiah/jurnal ilmiah tingkat kabupaten /kota, angka kredit yang diperoleh 1, bukti fisik berupa jurnal yang disertai keterangan tingkat penerbitan.
  • Laporan hasil penelitian yang diseminarkan disekolah/madrasahnya dan disimpan diperpustakaan, angka kredit 4, dengan bukti fisik makalah laporan hasil penelitian yang dilengkapi berita acara yang membuktikan bahwa hasil penelitian tersebut telah diseminarkan di sekolah / madrasahnya.

b. Makalah berupa tinjauan ilmiah dibidang pendidikan formal dan pembelajaran


Yaitu karya tulis guru yang berisi ide/gagasan penulis dalam upaya mengatasi berbagai permasalahan pendidikan formal dan pembelajaran di sekolahnya. Angka kredit yang diperoleh 2, dengan bukti fisik berupa makalah asli atau foto kopi yang ditandatangani kepala sekolah dan disertai keterangan dari kepala perpustakaan bahwa arsip dari buku/jurnal/makalah tersebut disimpan diperpustakaan.

c. Tulisan ilmiah populer, yaitu tulisan yang dipublikasika di media masa.

  • tingkat nasional memperoleh angka kredit 2 dengan bukti fisik guntingan (kliping)  tulisan dari media masa tersebut. Jika foto kopi maka harus ada pernyataan dari kepala sekolah tentang keasliannya.
  • tingkat prpoinsi memperoleh angka kredit 1,5 dengan bukti fisik seperti di atas.

d. Artikel ilmiah dalam bidang pendidikan, 

yaitu tulisan yang berisi gagasan atau tinjauan ilmiah dalam pendidikan formal dan pembelajaran disatuan pendidikan yang dimuat di jurnal ilmiah. Angka kredit untuk tingkat nasional 2, untuk tingkat propinsi 1,5, untuk tingkat kabupaten atau sekolah 1. Bukti fisik berupa jurnal yang disertai keterangan untuk tingkat jurnal bersangkutan.


3. Publikasi Buku Teks pelajaran, buku pengayaan dan/atau buku pedoman guru


a. Buku Pelajaran terdiri dari :

  • Buku pelajaran yang lolos penilaian oleh BNSP mendapat angka kredit 6. Bukti fisik berupa buku asli atau foto kopi  disertai persetujuan BSNP dan nomor ISBN
  • Buku pelajaran yang dicetak oleh penerbit dan ber ISBN, besaran angka kredit 3.
  • Buku pelajaran yang dicetak oleh penerbit tetapi belum ber ISBN, besaran angka kredit 1.

b. Modul/diktat pembelajaran per semester

Modul adalah materi pelajaran yang disusun dan disajikan secara tertulis sedemikian rupasehingga pembacanya diharapkan dapat menyerap sendiri. Kerangka isi modul umumnya terdiri dari :
  • petunjuk untuk siswa
  • isi materi bahasan (uraian dari contoh)
  • lembar kerja siswa
  • evaluasi
  • kunci jawaban evaluasi
  • pegangan tutor/guru jika ada
Diktat adalah catatan tertulis suatu mata pelajaran atau bidang studi yang dipersiapkan guru untuk mempermudah atau memperkaya materi.
  • Angka kredit modul/diktat yang digunakan tingkat propinsi yaitu 1,5.
  • Modul /diktat yang digunakan tingkat kabupaten/kota besaran angka kredit 1.
  • Modul/diktat digunakan disekolah besaran angka kredit 0,5.

c. Buku dalam bidang pendidikan 

Merupakan buku yang berisi pengetahuan terkait dengan bidang kependidikan. Angka kredit yang ber ISBN yaitu 3, sedangkan yang belum ber ISBN 1,5. Bukti fisik berupa buku asli atau fotokopi disertai keterangan lain yang diperlukan.

d. Karya Terjemahan

Yaitu tulisan yang dihasilkan dari penerjemahan buku pelajaran atau buku dalam bidang pendidikan. Besaran angka kredit 1, dengan bukti fisik buku asli atau fotokopi dilengkapi dengan keterangan yang dibutuhkan.

e. Buku Perdoman Guru

Adalah buku tulisan guru yang berisi rencana kerja tahunan guru. Angka kredit yang diperoleh adalah 1,5. Bukti fisik berupa Makalah Rencana Kerja (Pedoman Kerja Guru) yang secara jelas menunjukan nama penulis dan tahun rencana kerja tersebut dilakukan. Makalah harus dilengkapi dengan pernyataan keaslian dari kepala sekolah beserta lampiran yang diperlukan.

Demikian beberapa publikasi ilmiah yang bisa digunakan untuk memperoleh angka kredit sebagai syarat kenaikan pangkat atau golongan. Biasanya yang sering digunakan guru dan tergolong relatif mudah adalah menyusun PTK atau Pedoman Guru. 

Semoga bermanfaat.
Referensi : Permendiknas Nomor 35 Tahun 2010 Tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya

Undang - Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa

Bagi yang sedang mencari Undang - Undang Desa Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, silahkan download link di bawah ini.
Undang - undang ini mengatur tentang semua hal terkait dengan pelaksanaan pemerintah desa seperti tentang Syarat - syarat Calon Kepala Desa, Pemberhentian Kepala Desa, Perangkat Desa, Kewajiban Desa, Keuangan Desa dan lain sebagainya.


Peraturan lebih rinci tentang desa biasanya diatur lebih lanjut oleh peraturan daerah kota / kabupaten masing - masing desa.


Semoga bermanfaat.


Yuk Memperingati Hari Bumi!


Buka facebook saat mata masih ngantuk, saya mendapatkan ucapan selamat Hari Bumi dari tim facebook.  Saya penasaran tentang Hari bumi, langsung googling, dan hasilnya sebagai berikut.
Ternyata setiap tanggal 22 April penduduk seluruh dunia memperingati Hari Bumi.  Peringatan ini pertama kali dirayakan pada tahun 1970, yaitu ketika pertama kali hari bumi dideklarasikan oleh Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson. 
Terdapat beberapa fakta menarik dari peringatan hari bumi, seperti yang dikutip dari situs loop.co.id antara lain :

- Peringatan hari bumi dilaksanakan setiap tanggal 22 April karena dibumi utara baru mengalami musim semi dan di bumi selatan baru mengalami musim gugur
- Hari bumi memiliki bendera sendiri yang bernama Earth Day Flag yang dibuat oleh John Mc Conell.  Bendera berwarna biru langit dengan gambar bumi ditengahnya. 
bendera hari bumi
- Hari bumi bermula dari protes warga Amerika terhadap polusi udara.  Mereka menginginkan udara dan air yang bersih. 
- Hari bumi adalah hari raya non keagamaan yang dirayakan oleh seluruh dunia.  Lebih dari 175 negara merayakan hari bumi.
- Banyak cara yang dilakukan dalam memeringati hari bumi.  Setiap negara memiliki agenda sendiri - sendiri dalam memperingatinya.

Nah, itu beberapa fakta tentang hari bumi.  Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk ikut serta merayakan hari bumi selain mengkampanyekan peringatan ini di media sosial dan sejenisnya.  Situs alamendah.org menyarankan beberapa tindakan nyata dalam memperingati hari bumi.  Apa sajakah itu? 

1. Hemat energi, terutama energi yang bersumber dari fosil karena akan berdampak pada efek rumah kaca.
2. Kurangi plastik, karena plastik sangat sulit terurai sehingga menjadi masalah lingkungan tersendiri.  Walau plastik bisa di daur ulang, pemakaian plastik ternyata lebih banyak dan tidak seluruhnya masuk siklus daur ulang.
3. Kurangi konsumsi listrik dengan mematikan peralatan yang tidak perlu dan mencabutnya dari stop kontak karena tanpa disadari peralatan yang terhubung masih mengkonsumsi listrik
4. Tanam pohon,  karena pohon begitu banyak memberikan manfaat bagi lingkungan dan juga manusia.  Selain penghasil oksigen, pohon juga berperan dalam mengurangi dampak pemanasan global.
5. Daur ulang limbah elektronik,  karena limbah elektronik mengandung banyak zat berbahaya bagi lingkungan seperti mercury,  timbal dan zat kimia lainnya.  Kumpulkan limbah elektronik tersebut pada penampungan khusus.
6. Dukung penggunaan energi terbarukan sehingga kita tidak bergantung kepada energi berbasis fosil yang tidak ramah terhadap lingkungan.

Itu beberapa saran dari situs alamendah.org sebagai wujud aksi nyata memperingati Hari Bumi.  Setujukah dengan saran di atas? Yang jelas, karena bumi merupakan tempat tinggal kita,  maka kita harus mampu menjaga nya dengan baik.  Jangan rusak lingkungan sekitar kita.

menanam pohon atau berkebun, aksi nyata menjaga bumi kita
Selain beberapa langkah di atas, yang terpenting dalam memperingati hari bumi ini adalah dengan merubah pola pikir kita agar lebih menghargai kelestarian lingkungan.  Banyak hal sederhana yang bisa kita lakukan seperti tidak membuang sampah sembarangan misalnya, membawa tempat khusus barang belanjaan ketika ke minimarket, menghemat penggunaan air, dan lain sebagainya.  Lakukan dari hal - hal kecil yang sanggup kita lakukan. Jika masih banyak ruang kosong dirumah kita, buatlah lebih hijau dengan menanam pohon,  bunga atau sayuran.

Yuk kita dukung peringatan hari bumi dengan tindakan nyata. Selamat Hari Bumi.

Daftar Peserta PLPG / Sertifikasi Kabupaten Serang 2016

sumber :www.maribelajarbk.web.id
Untuk rekan - rekan yang sedang mencari informasi daftar Peserta PLPG Kabupaten Serang Tahun 2016, berikut daftar tersebut seperti yang terdapat pada link dibawah ini.
Berdasarkan edaran yang ada, calon peserta PLPG/Sertifikasi Kabupaten Serang 2016 akan mendapatkan pengarahan atau sosialisasi selama dua tahap atau gelombang. Gelombang pertama pada Hari Selasa tanggal 26 April 2016. Untuk nama - nama Calon Peserta Sertifikasi Kabupaten Serang 2016 gelombang satu dapat dilihat pada link dibawah ini :

Daftar Nama Peserta Sosialisasi Sertifikasi Dilingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang Tahun 2016

Sedangkan gelombang kedua sosialisasi akan dilaksanakan pada Hari Rabu tanggal 27 April 2016. Untuk nama Calon Peserta Sertifikasi Kabupaten Serang 2016 gelombang dua dapat dilihat dibawah ini :

Daftar Nama Peserta Sosialisasi Sertifikasi Di Lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang Tahun 2016 Gel. 2

Pada tahap sosialisasi, Calon Peserta Sertifikasi Kabupaten Serang 2016 akan mendapatkan pengarahan dari instansi terkait. Berikut jadwal acaranya untuk kegiatan sosialisasi tersebut :

Lampiran Acara
Undangan Sosialisasi

Daftar Calon Peserta Sertifikasi Kabupaten Serang 2016 tersebut merupakan daftar nama yang sudah diverifikasi berdasarkan aplikasi AP2SG atau yang terdapat di situs www.sergur.kemdiknas.go,id. Melalui situs tersebut, kita juga dapat mengetahui nilai UKG tahun 2015. Untuk mengetahui nilai UKG tahun 2015, yaitu dengan memasukan NUPTK yang kita miliki. Langkahnya sebagai berikut :
1. Buka situs http://sergur.kemdiknas.go.id/
2. Klik Link "Daftar Calon Peserta"

3. Masukan nomor NUPTK yang kita miliki
4. Hasil yang akan muncul sperti gambar dibawah ini :


Semoga bermanfaat. Mangga dishare supaya tidak ada rekan - rekan yang ketinggalan informasi.

Situs Patapaan Sultan Hasanudin

Situs patapaan Sultan Hasanudin adalah situs purbakala yang berada di Desa Nagara Kecamatan Kibin Kabupaten Serang.  Situs ini berupa tumpukan batu yang diduga dijadikan tempat "pangrereban" atau tempat bertapa Sultan Hasanudin (Sultan Kerajaan Islam Banten).
kursi bulat
Kursi Bulat

Kursi bulat tersebar dibebarapa titik mengitari lokasi

altar atau mungkin meja
 Bangunan ini selain berupa tumpukan batu dengan ukuran sedang, juga terdapat batu yang berfungsi sebagai kursi dan meja. Kursi - kursi tersebut berbentuk bulat mengelilingi sebuah kursi masif (altar)  memiliki bentuk berupa candi dengan bentuk persegi panjang untuk duduk bersila, sedangkan kursi bulat yang mengitari memiliki ketinggian yang lebih rendah sehingga tatanan bentuk tersebut mengesankan sebagai tempat pertemuan.
Penjaga situs
Menurut petugas situs, Hasan Basri, situs ini belum dapat dipastikan kapan pertama kali dibangun karena belum adanya penelitian yang pasti. Kesimpulan sementara situs ini dibangun pada masa sebelum adanya Kesultanan Banten. Karena bentuknya seperti punden yaitu tempat pemujaan pada masa megalitikum, maka diperkirakan situs ini merupakan peninggalan Megaltik.
Menurut pengakuan Bapak Hasan,  situs ini baru dikelola pemerintah sekitar tahun 90-an.  Sebelumnya,  banyak barang - barang yang sudah hilang karena diambil oleh masyarakat sekitar termasuk batu - batu yang banyak tersebar di tempat tersebut beberapa truk dimanfaatkan untuk membangun jalan.
Jalan menuju lokasi
Saat ini,  situs tersebut dijadikan cagar budaya yang dikelola oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Banten.  Selain dipagar, situs juga dijaga oleh petugas.  Namun sangat disayangkan, banyak tulisan - tulisan ulah tangan jahil pada batu - batuan yang terdapat pada situs.
Selain sebagai cagar budaya, situs ini juga dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai tempat penziarahan.  Banyak yang berziarah ditempat ini agar permohonannya dikabulkan. Biasanya, para penziarah akan berdatangan ketika malam rabu.

Lanjut ke SMA atau SMK? Ini Pertimbangannya.


Dalam dunia yang semakin kompetitif, sekolah sebagai tempat dilaksanakannya proses pendidikan memiliki peran penting dalam menyiapkan generasi muda untuk bisa bertahan hidup di masa yang akan datang.  Saat ini sekolah begitu menjamur berbagai jenjang dengan berbagai nama dan berbagai kekhasan tertentu.

Semut hewan mengagumkan yang dibutuhkan dunia

Semua pasti kenal semut karena dengan sangat mudah kita menjumpainya disekeliling kita.  Kebanyakan kita mengabaikan keberadaan mereka.  Tapi tahukah anda bahwa semut hewan mengagumkan yang sangat dibutuhkan oleh dunia.  Benarkah?? Mari kita lihat bagaimana semut bisa dikatakan sebagai mahluk yang mengagumkan.
1. Semut mampu mengangkat beban 50 kali berat badannya
Jika berat tubuh kita 60 kg,  maka 50 kali berat tubuh kita adalah 3000 kg.  Sanggupkah kita mengangkat beban seberat itu?  Atau bayangkan mengangkat sebuah mobil pikap. Pasti kita sepakat tidak akan sanggup mengangkatnya tanpa bantuan alat apa pun. Dan luarbiasanya, semut mampu mengangkat beban 50 kali dari berat tubuhnya.
2. Semut menempati hampir seluruh penjuru dunia
Dimana pun dipenjuru bumi ini, pasti kita akan menemukan semut. Semut mendiami hampir seluruh sudut dunia termasuk dipadang pasir.  Semut tidak bisa ditemukan hanya di Benua Antartika.
3. Jumlah semut sangat banyak
Pernah menghitung jumlah semut yang ada disekitar rumah kita?  Tak terhitung bukan?  Benar sekali, jumlah semut sangat banyak terdiri dari berbagai spesies.  Penelitian yang ada menyebutkan bahwa
diperkirakan lebih dari 1 kuadriliun (10.000.000.000.000.000) jumlah semut yang ada dibumi. 
4. Semut berjalan sangat cepat dan berjalan sepanjang hari
Semut berjalan dengan kecepatan   2 inci perdetik. Dalam perspektif kita, tampaknya itu sangat lambat.  Mari kita lihat lebih dalam.  Jika semut berjalan selama 12 jam, maka jarak yang sanggup ia tempuh 7200 kaki atau setara 1 1/3 mil.  Tampaknya tidak luar biasa. Tapi coba kita bandingkan jarak tersebut dengan panjang tubuh mereka.  Jarak tersebut 365.760 kali panjang tubuh mereka. Jika dibandingkan manusia, maka jarak tersebut sama dengan 415 mil yang harus ditempuh dalam 12 jam. Untuk menempuh jarak tersebut manusia harus berlari dengan kecepatan 34 km/jam tanpa henti selama 12 jam. Sanggup?
5. Semut dapat berbicara
Dalam Alquran surat An-Naml ayat 18 , disebutkan bahwa semut berbicara saat tentara Sulaiman akan melintas. Mungkin kita berpikir ini hanya bualan.  Tapi faktanya,  penelitian terbaru membuktikan kebenaran Alquran seperti yang dimuat Science Magazine tanggal 6 Februari 2009. Penelitian tersebut berhasil mengungkap bahwa teknologi audio yang canggih telah meneliti dan menemukan kesimpulan bahwa semut - semut secara rutin berbicara satu sama lain. Menggunakan microfon dan speaker mini yang canggih yang ditempatkan dalam sarang mereka, diketahui bahwa ratu semut memberi intruksi kepada pekerja mereka. Penjelasan lebih lengkap baca www.makintau.com.
Selain beberapa keajaiban di atas, masih banyak fakta lain yang begitu mengagumkan dari semut.  Silahkan baca 50 fakta tentang semut.
Mengapa dunia membutuhkan semut?
1. Semut adalah pengurai yang baik
Semut berperan penting dalam menjaga ekosistem terutama sebagai pengurai makanan.  Jutaan ribu ton sampah organik diurai oleh semut menjadi unsur hara yang bermanfaat bagi tumbuhan.  Semut merupkan pembersih alami.  Dengan adanya mereka, ekosistem berjalan dengan sempurna.
2. Semut membantu penyerbukan
Dalam perkembangbiakan tumbuhan, semut memegang banyak peran penting,  diantaranya adalah membantu penyerbukan karena aktifitas semut. Semut juga menyebarkan bebih - benih tumbuhan ke berbagai lokasi.
3. Semut menjadi contoh bagi manusia
Peran ini akan berarti bagi mereka yanh mau belajar dari semut.  Banyak hal yang bisa kita pelajari,  mulai dari bagaimana membangun sistem organisasi yang tangguh,  kerjasama yang baik,  kerja keras, dan juga untuk bisa saling menghargai satu sama lain.  Amatilah semut,  perhatikan apa yang mereka lakukan.  Luar biasa bukan?  Banyal hal yang dapat kita pelajari dari mereka.
Sebetulnya masih banyak alasan lain mengapa dunia membutuhkan semut.  Silahkan pikirkan sendiri.  Tulisan ini hanya untuk mengingatkan kita betapa tuhan menciptakan segala sesuatu tanpa kesia-siaan. Allahu'alam.