Makna Proklamasi Bagi Kehidupan Bangsa Indonesia


Jika menemukan tulisan tentang makna proklamasi kemerdekaan Indonesia ini, kemungkinan besar kamu merupakan seorang pelajar yang sedang mencari referensi untuk mengerjakan tugas yang diberikan guru disekolah. 

Berikut akan diuraikan tentang makna proklamasi kemerdekaan Indonesia bagi kehidupan bangsa baik secara khusus untuk bangsa Indonesia sendiri, maupun makna yang bersifat eksternal atau bagi bangsa luar. 

Tulisan tentang makna proklamasi kemerdekaan Indonesia sebenarnya sudah banyak dibuat dalam beberapa tulisan lain, tapi semoga apa yang ditulis dalam tulisan tentang makna proklamasi kemerdekaan Indonesia yang satu ini bisa sedikit memberikan warna tulisan - tulisan lain. 

Lahirnya Negara Indonesia


Makna yang pertama proklamasi kemerdekaan Indonesia bagi kehidupan bangsa yakni menandai lahirnya sebuah bangsa dan negara baru yang berdaulat bernama Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Lahirnya NKRI akan melahirkan berbagai tatanan baru dalam kehidupan berbangsa mulai dari terbentuknya dasar negara, konstitusi negara, lembaga negara beserta perangkatnya dan lain sebagainya. 

Ini akan berarti pula akan muncul aturan baru yang mengikat seluruh komponen bangsa serta mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara. 

BACA TULISAN TERKAIT :

Akhir Penderitaan Bangsa Indonesia Dari Penjajahan Panjang


Yang kedua, proklamasi kemerdekaan Indonesia juga bisa dinyatakan sebagai akhir penderitaan bangsa Indonesia menerima penjajahan panjang selama berabad lalu. Semua pasti tahu sejarah panjang penjajahan atas tanah Nusantara mulai dari Inggris, Portugis, Spanyol, Belanda dan Jepang. Dengan proklamasi bangsa Indonesia menyatakan diri terbebas dari semua penjajahan tersebut. 

Awal Mewujudkan Cita - Cita Bangsa 


Makna proklamasi kemerdekaan Indonesia yang ketiga yakni sebagai dasar mewujudkan cita-cita luhur bangsa yang sudah disepakati bersama. Cita-cita ini tertuang dalam pembukaan UUD 1945 mulai dari memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Dasar Pengakuan Dunia Atas Indonesia


Berikutnya makna proklamasi kemerdekaan Indonesia bisa juga dilihat dari bagaimana bangsa Indonesia dilihat oleh bangsa-bangsa lain di dunia. Dengan adanya proklamasi kemerdekaan Indonesia, ini bermakna telah lahir sebuah negara baru yang memiliki kedudukan yang sama dengan dengan bangsa - bangsa lain di dunia. 

Dengan kedudukan yang sama sebagai sebuah bangsa, ini berarti pula proklamasi kemerdekaan Indonesia memberi tanda bahwa negara lain tidak berhak mengagresi atau mengintimidasi bangsa Indonesia. Jika mereka melakukan hal tersebut maka termasuk kategori penjajahan yang dilarang oleh kesepakatan negara-negara di dunia melalui PBB.

Dasar Perjuangan Agar Diakui Kedaulatan Secara Dejure Oleh Belanda


Makna lain dari proklamasi kemerdekaan Indonesia yakni menandai secara defacto bahwa Indonesia terbebas dari cengkraman negara penjajah sekalipun pada kenyataannya Belanda belum bisa mengakui kemerdekaan itu. Maka atas dasar kemerdekaan secara defacto bangsa Indonesia berjuang terus sampai akhirnya diakui secara dejure oleh Belanda. 

Demikian beberapa makna proklamasi kemerdekaan Indonesia bagi kehidupan bangsa Indonesia. Tentu saja tulisan di atas mungkin hanya menyajikan sebagian kecil saja dari makna proklamasi kemerdekaan Indonesia yang mungkin lebih banyak.

Silahkan tambahkan sendiri makna lain dari proklamasi kemerdekaan Indonesia untuk kehidupan berbangsa dan bernegara. Setiap sudut pandang yang berbeda mungkin akan menghasilkan pendapat yang berbeda tentang makna proklamasi kemerdekaan Indonesia. 

Namun demikian untuk memudahkan kamu dalam menyelesaikan tugas mengenai makna proklamasi kemerdekaan Indonesia bagi kehidupan bangsa yang diberikan oleh guru disekolah, berikut disajikan poin - poin penting yang bisa kamu salin sebagai jawaban tugas tersebut. 


Makna proklamasi kemerdekaan Indonesia bagi kehidupan bangsa secara ringkas sebagai berikut :

  • Menandai lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdaulat
  • Akhir perjuangan bangsa Indonesia untuk terlepas dari penjajahan yang terjadi atas tanah Nusantara
  • Jembatan emas untuk mencapai cita-cita luhur bangsa
  • Dasar bagi tatanan kehidupan baru dalam berbangsa dan bernegara
  • Proklamasi menandai kesetaraan sebagai sebuah negara berdaulat dimata dunia internasional.
  • Sebagai dasar pengakuan bangsa lain atas berdirinya sebuah bangsa baru yang bernama Negara Kesatuan Republik Indonesia
  • Dasar terbentuknya persatuan dan kesatuan yang lebih solid dari rakyat Indonesia sehingga berjuang bersama-sama atas nama Indonesia jika terdapat negara lain yang ingin kembali menguasai Indonesia.
  • Proklamasi juga menjadi dasar dalam perjuangan bangsa Indonesia untuk diakui secara dejure oleh negara lain terutama Belanda. 
  • Proklamasi akan bermakna sebagai sumber hukum bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia
  • Proklamasi bermakna juga dalam meningkatkan martabat bangsa Indonesia sebagai sebuah bangsa merdeka dibanding sebelumnya.

Demikian tulisan sederhana tentang makna proklamasi kemerdekaan Indonesia bagi kehidupan bangsa Indonesia. 

Jika merasa tulisan tentang makna proklamasi kemerdekaan Indonesia bagi kehidupan bangsa ini tidak sempurna atau kurang pas, silahkan berikan komentar pada kolom dibawah.

Selamat mengerjakan tugas. Semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment