Panduan Praktis Menyusun Laporan PTK

Menyusun Laporan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) mungkin gampang - gampang susah. Bagi mereka yang sudah berpengalaman, pekerjaan ini tentu tidak terlalu sulit. Tapi bagi yang baru merasakan menyusun PTK, mungkin akan mengalami beberapa hambatan. Hambatan yang muncul biasanya mengenai teknis penulisan, mulai dari sistematika, apa saja yang harus disajikan, dan bagaimana menyajikannya.
Menyusun Laporan PTK
Tulisan ini mencoba memberikan panduan secara praktis, tentang bagaimana sebuah Laporan PTK disusun atau disajikan menjadi sebuah laporan yang baik. Kemampuan menyusun PTK akan sangat bermanfaat terutama bagi para guru, selain untuk meningkatkan kulaitas pembelajaran yang ia laksanakan, juga bermanfaat untuk mengumpulkan angka kredit pada publikasi ilmiah. Publikasi ilmiah menjadi hal wajib untuk guru PNS ketika hendak mengajukan kenaikan pangkat terutama untuk golongan III/b ke atas.
Karena PTK merupakan laporan penelitian, maka kaidah penulisan juga harus memenuhi kriteria penelitian pada umumnya. Secara umum, laporan penelitian berisi tiga bagian penting, yaitu 1) bagian awal, 2) bagian isi atau tubuh laporan, dan 3) bagian akhir. Bagian awal meliputi kelengkapan laporan seperti halaman judul, halaman pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel/grafik/gambar, dan daftar lampiran. Sedangkan pada bagian isi, umumnya memuat 5 bab, yaitu Bab I Pendahuluan, Bab II Kajian Pustaka, Bab III Metodologi Penelitian/Prosedur Penelitian, Bab IV Hasil Penelitian, dan Bab V Simpulan dan Saran. Pada laporan PTK, bagian isi ini bisa dimodifikasi menjadi empat bab, yaitu dengan menggabungkan Bab I dan Bab II. Selanjutnya untuk bagian akhir terdiri dari daftar pustaka dan lampiran - lampiran.

Berikut penjelasan secara praktis penyusunan laporan PTK:

1. Bagian Awal Laporan PTK

Halaman Judul atau cover

Halaman judul atau cover biasanya berisi 1) Judul Penelitian, 2) Logo lembaga (jika diperlukan), 3) Nama peneliti, 4) Lembaga tempat peneliti bekerja, 5) tahun pembuatan laporan, dan 6) lain - lain yang dianggap perlu. Tapi pada umumnya hanya lima unsur di atas yang disajikan. Contoh Halaman Judul klik disini

Halaman Pengesahan

Halam ini berisi pengesahan oleh lembaga. Untuk PTK yang dibuat guru disekolah, biasanya disahkan oleh Kepala Sekolah yang diketahui oleh Pengawas Pembina jika akan dijadikan syarat kenaikan pangkat.

Kata Pengantar

Bagian ini berisi ucapan terimaksih kepada Tuhan YME serta seluruh pihak yang telah membantu dalam penyusunan laporan PTK.

Daftar Isi

Bagian ini memuat bab dan sub bab yang terdapat pada laporan penelitian lengkap dengan halamannya.

Daftar Tabel, Gambar, Garafik dan Lain - lain

Menyajikan daftar gambar, tabel dan sejenisnya yang terdapatpada PTK dilengkapi dengan halamannya.

Daftar Lampiran

Daftar lampiran berupa tulisan yang berisi tentang daftar lampiran apa saja yang disertakan dalam laporan PTK.

Abstrak

Abstrak merupakan intisari laporan penelitian. Absrtrak memuat latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, metode penelitian, hasil penelitian serta simpulan dan saran. Abstrak dibuat dengan bentuk narasi satu halaman. Kisaran kata pada lembaran abstrak antara 300 - 500 kata dengan pengetikan ukuran satu spasi. Abstrak juga memuat kata kunci terkait dengan penelitian. Penulisan abstrak pada laporan PTK bersifat opsional. Artinya boleh ada atau juga tidak ada.

2. Bagian Isi Laporan PTK


Laporan PTK memuat bagian isi meliputi Bab I Pendahuluan, Bab II Kajian Teori, Bab III Prosedur Penelitian Tindakan, Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan, dan Bab V Simpulan Saran. Berikut penjelasan secara praktis bagaimana untuk menulis ,bagian - bagian tersbut :

Bab I Pendahuluan

Bab ini terdiri dari  beberapa bagian antara lain :

a. Latar Belakang Masalah

Bagian ini memuat tentang masalah yang dihadapi oleh peniliti dalam kegiatan pembelajaran yang ia laksanakan dikelas. Masalah adalah kesenjangan antara apa yang diharapkan (das sollen) dengan kenyataan yang ada (da sein). Kesenjangan tersebut baik secara teoritis atau pun secara praktis. Peneliti menyajikan pengalaman atau pengamatan ia selama melakukan pembelajaran, dengan apa yang seharusnya terjadi.
Secara teknis, penulisan latar belakang pada dimulai dengan kalimat harapan atau yang seharusnya terjadi berdasarkan teori - teori yang yang mengenai permasalahan yang menjadi fokus penelitian. Selanjutnya pada paragraf berikutnya disajikan kenyataan - kenyataan yang dihadapi terkait fokus penelitian tersebut. Sajikan sebanyak mungkin fakta - fakta yang jauh dari harapan atau teori yang ada.
Paragraf selanjutnya, peneliti memilih fokus permasalahan dari beberapa identifikasi masalah yang sudah ia lakukan. Masalah yang dipilih tersebut akan dijadikan rumusan masalah.
Uraian mengenai bagaimana menulis Latar Belakang Masalah, step by setp akan diulas lebih lanjut pada artikel selanjutnya. (Baca Merumuskan Latar Belakang Dalam Menyusun Laporan PTK)

b. Rumusan Masalah

Rumusan masalah memuat masalah yang ingin dipecahkan berdasarkan pilihan dari identifikasi beberapa permasalahan yang disajikan pada latar belakang. Rumusan masalah disajikan dengan kalimat tanya berisi tentang asumsi, lingkup penelitian, alternatif tindakan, indikator keberhasilan dan cara penyelesaian masalah. Rumusan masalah terdiri dari rumusan masalah umum dan rumusan masalah khusus. Contoh rumusan masalah umum "Apakah penggunaan komik sebagai media pembelajara dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa kelas III SDN Mongpok 1? Rumusan masalah khusus dapat berupa : 1). Apakah penggunaan media komik dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun kalimat berdasarkan rangkaian gambar secara urut sehingga menjadi karangan yang utuh? 2). Apakah penggunaan media komik dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memadukan hubungan antarkalimat menjadi karangan yang padu dengan menggunakan kata sambung yang sesuai?. 3) Apakah penggunaan media komik dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan ejaan tanda baca secara benar dalam karangan?

c. Tindakan Yang Dipilih

Bagian ini berisi uraian secara tajam tentang tindakan yang dipilih atau alternatif tindakan yang akan dilaksanakan berdasarkan prioritas tindakan pemecahan masalah. Bagian ini bisa juga disebut sebagai Hipotesis Penelitian, yaitu berupa kalimat penegasan bahwa tindaka yang dilakukan akan berdampak signifikan terhadap fokus penelitian.

d. Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian selalu mengacu kepada rumusan masalah yang disajikan. Jika rumusan masalah seperti contoh diatas, maka tujuan penelitian juga terdiri dari Tujuan Penelitian Umum dan Tujuan Penelitian Khusus. Maka Tujuan Penelitian Umum : Untuk mengetahui apakah penggunaan komik sebagai media pembelajara dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa kelas III SDN Mongpok 1. Tujuan Khususnya yaitu 1). Untuk mengetahui apakah penggunaan media komik dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun kalimat berdasarkan rangkaian gambar secara urut sehingga menjadi karangan yang utuh 2). Untuk mengetahui apakah penggunaan media komik dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memadukan hubungan antarkalimat menjadi karangan yang padu dengan menggunakan kata sambung yang sesuai. 3) Untuk mengetahui apakah penggunaan media komik dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan ejaan tanda baca secara benar dalam karangan.

e. Lingkup Penelitian

Bagian ini menjelaskan batas - batas tindakan yang dilakukan peneliti disertai alasan yang akurat mengapa dibatasi pada batasan tersebut.

f. Manfaat Penelitian

Sebuah penelitian harus memampu memberikan manfaat baik secara teoritis mau pun praktis. Maka pada bagian ini disajikan manfaat apa yang akan diperoleh jika penelitian dilaksanakan, manfaat secara praktis untuk peneliti, lembaga, dan pengambil kebijakan misalnya disajikan pada bagian ini.

Bab II Kajian Teori

Bagian ini berisi teori yang mendasari penelitian. Kajian teori mengungkap tentang apa, siapa, mengapa dan bagaimana teori yang digunakan terdahulu. Bagian ini bisa disusun dengan beberapa sub bab yang merupakan penjelasan tentang variabel - variabel yang terdapat pada judul penelitian. Misal judul PTK "Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Siswa Kelas III Melalui Penggunaan Komik Sebagai Media Pembelajaran di SD Mongpok I", maka pada kajian teori, sub bab yang akan muncul yaitu tentang Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar, Tentang Karangan, Tentang Media Pembelajaran dan Tentang Bagaimana Komik Bisa dijadikan sebagai media pembelajaran.

Bab III Prosedur Penelitian Tindakan

a. Setting Penelitian

Bagian ini memaparkan lokasi penelitian, subjek penelitian, waktu penelitian, teknik pengumpulan data, beserta deskripisi lainnya yang diperlukan.

b. Prosedur Penelitian

Pada bagian ini dijelaskan gambaran tindakan yang akan dilaksanakan pada setiap siklus. Tindakan dilaksanakan pada tahapan sebagai berikut : 
- Persiapan/Perencanaan Tindakan
Pada bagian ini dipaparkan persiapan yang dilakukan peneliti, misalnya obesrevasi awal atau pretest, membuat inbstrumen, membuat rencana pembelajaran dan lain sebagainya.
- Pelaksanaan Tindakan
Pada tahap ini digambarkan bagaimana tindakan dilaksanakan secara rinci untuk masing - masing sikuls yang dilalui.
- Pemantauan dan Evaluasi
Bagian ini menguraikan prosedur pemantauan dan evaluasi tindakan , alat yang digunakan, beserta kriteria keberhasilan tindakan.
- Analisis dan Refleksi
Pada bagian ini peneliti melakukan analisis tentang tindakan yang sudah dilakukan, kemudian membandingkannya dengan kriteria yang sudah dibuat. Kelemahan - kelamahan yang ada pada setiap sikluis diidentifikasi kemudian dicarikan pemecahan masalah tersebut yang lebih bersifat teknis sebagai dasar untuk melaksanakan tindakan pada siklus selanjutnya. Jika kriteria yang sudah dibuat dianggap sudah tercapai maka penelitian dapat dihentikan dan hipotesis penelitian dapat dibuktikan.


Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan

Bab ini berisi sajian hasil penelitian atau temuan penelitian setelah tindakan dilaksanakan. Tediri dari berapa sub bab. Sub bab muat tindakan yang dilakukan guru mulai dari Pra Siklus, Siklus I, Siklus 2 dan seterusnya. Masing - masing siklus disajikan sesuai keadaan yang terjadi disertai refleksi yang dilakukan hingga pada kesimpulan untuk mengakhiri tindakan (siklus terakhir). Untuk lebih jelas, bagamana menyusun Bab IV, silahkan baca di artikel terpisah dengan klik disini.

Bab V Simpulan dan Saran

Simpulan berisi jawaban atas rumusan masalah atau hipotesis yang disajikan sebelumnya berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan. Simpulan disajikan ringkas dan tidak bertele - tele dengan jumlah simpulan disesuaikan pada jumlah rumusan masalah. Jika dalam rumusan amasalah atau tujuan penelitian terdiri dari tiga poin, maka simpulan akan terdiri tiga poin.
Saran adalah tindak lanjut yang diharapkan peneliti sebagai akibat dari adanya penelitian. Saran yang disajikan harus relevan dengan penelitian. Jumlah saran tidak dibatasi, tapi akan lebih baik jika saran ditujukan hanya kepada orang - orang yang berkepentingan terhadap hasil penelitian.

3. Bagian Akhir Laporan PTK


Bagian akhir laporan terdiri dari dua komponen utama, yaitu Daftar Pustaka dan Lampiran. Daftar pustaka adalah daftar buku, artikel, jurnal atau dokumen lainnya, termasuk dokumen dari internet yang dikutip atau dipergunakan dalam memperdalam kajian teori penelitian. Daftar Pustaka tidak boleh asal - asalan, diketik sesuai kaidah penulisan karya ilmiah, dengan menuliskan nama pengarang, tahun terbit, judul buku/artikel/makalah/jurnal, Tempat Penerbitan dan instansi penerbit. Penulisan daftar pustaka biasanya memiliki banyak teknik penulisan. Penulis senidiri menulis daftar pustaka dengan contoh tulisan sebagai berkkut :

       Aqib, Zainal.2010. Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya : Insan Cendikia  
Selanjutnya lampiran yang diperlukan / digunakan untuk mendukung laporan PTK. Lampiran tersebut biasanya terdiri dari skenario tindakan / rencana pembelajaran, instrumen penelitian, rekapitulasi data, foto dan lain - lain yang dianggap perlu.
Untuk menutup laporan, biasanya pada halaman terakhir dilampirkan curiculum viate atau daftar riwayat hidup peneliti.

Daftar Pustaka :

Muslich Masnur. 2009. Melaksanakan PTK Itu Mudah (Classroom Action Research) Pedoman Praktis Bagi Guru Profesional. Jakarta : Bumi Aksara

Jenis Publikasi Ilmiah dan Angka Kreditnya

Wacana kenaikan pangkat secara otomotis empat tahun sekali masih terus bergulir sejak tahun 2015 yang lalu. Namun sampai sekarang, wacana tersebut belum juga direalisasikan. Pola - pola lama masih digunakan yaitu dengan sistrem pengajuan angka kredit.
Dalam mengajukan kenaikan pangkat, seorang PNS akan dihitung angka kreditnya untuk menentukan apakah dia layak atau tidak untuk naik pangkat. Angka kredit adalah satuan nilai dari tiap butir kegiatan dan/atau akumulasi nilai - nilai butir kegiatan yang harus dicapai oleh guru dalam rangka pembinaan karir kepangkatan dan jabatannya. Angka kredit kenaikan pangkat diatur dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010. 
Angka kredit yang dipersyaratkan untuk kenaikan pangkat setiap golongan adalah sebagai berikut :
angka kredit untuk tiap golongan
Berdasarkan tabel di atas, dapat diketahui bahwa setiap kenaikan pangkat atau golongan ruang harus memenuhi angka kredit kumulatif minimal. Misal, seorang PNS golongan III/a akan mengajukan kenaikan pangkat menjadi III/b, maka angka kredit kumulatif minimal yang harus ia miliki adalah 150. Angka ini diperoleh dari angka kredit kumulatif III/a ditambah dengan angka kredit yang baru minimal 50. Atau dengan kata lain, seorang PNS golongan III/a yang ingin naik pangkat harus mengumpulkan minimal 50 poin angka kredit. Dari golongan III/b ke golongan III/c, maka harus mengumpulkan 50 poin angka kredit juga. Sedangkan jika ingin naik pangkat dari III/c ke III/d, angka kredit yang harus diperoleh untuk mencapai Angka Kredit Kumulatif Minimal 300 berarti harus mengumpulkan tambahan angka kredit sebesar 100 poin. Begitu seterusnya.

Angka kredit yang diperoleh bersumber dari Penilaian Kinerja Guru (PKG) yang diadakan setiap tahunnya. Namun, yang harus menjadi perhatian, selain angka kredit dari PKG, PNS guru untuk golongan III/b ke atas diwajibkan melaksanakan Publikasi Ilmiah atau Karya Inovatif. Angka kredit minimal untuk Publikasi Ilmiah tiap golongan adalah sebagai berikut :
Tabel Keawjiban Publikasi Ilmiah Untuk Setiap Golongan
Dari tabel diatas, dapat diketahui bahwa untuk golongan III/a tidak diwajibkan membuat publikasi ilmiah. Sedangan golongan III/b harus mengumpulkan 4 poin angka kredit Publikasi Ilmiah untuk bisa naik pangkat ke III/c. Berikutnya untuk golongan III/c harus mengumpulkan 6 poin angka kredit kumulatif untuk Publikasi Ilmiah jika akan mengajukan kenaikan pangkat ke III/d. Begitu seterusnya.

Selanjutnya mungkin akan timbul pertanyaan, Jenis Publikasi Ilmiah seperti apa yang akan mendapatkan poin angka kredit?. Publikasi Ilmiah yang akan mendapat angka kredit menurut Juknis Permendiknas No. 35 Tahun 2010 adalah sebagai berikut :

1. Presentasi pada Forum Ilmiah, yaitu :

a. Sebagai narasumber pada seminar atau lokakarya ilmiah, angka kreditnya adalah 0,2.
b. Menjadi narasumber pada koloqium atau diskusi ilmiah, angka kreditnya 0, 2.
Selanjutnya bukti fisik yang dinilai / harus dipersiapkan adalah :
a. makalah yang sudah disajikan pada pertemuan ilmiahdan telah disahkan oleh kepala sekolah/madrasah
b. Surat keterangan dari panitia seminar atau sertifikat/piagam dari panitia pertemuan ilmiah.

2. Publikasi Ilmiah berupa hasil penelitian atau gagasan ilmu bidang pendidikan formal, meliputi :

a. Karya Tulis berupa laporan hasil penelitian :

  • Laporan hasil penelitian yang diterbitkan/dipublikasikan dalam bentuk buku ber ISBN dan telah mendapat pengakuan BSNP, angka kredit yang diperoleh 4, dengan bukti fisik buku asli atau fotocopi yang menunjukan keterangan nama penerbit, tahun terbitan, serta nomor ISBN. Jika buku tersebut diedarkan secara nasional, harus disertakan pernyatan dari penerbit. Jika telah lulus penilaian BNSP, maka harus ada keterangan yang jelas dari BSNP.
  • Laporan hasil penelitian yang disusun menjadi artikel ilmiah, diterbitkan/dipublikasikan dalam majalah ilmiah/jurnal ilmiah diedarkan secara nasional dan terakreditasi, angka kredit yang diperoleh  3, dengan bukti fisik majalah/jurnal asli atau fotokopi yang menunjukan adanya nomro ISSN
  • Laporan hasil penelitian yang disusun menjadi artikel ilmiah, diterbitkan/dipublikasikan dalam majalah ilmiah/jurnal ilmiah tingkat propinsi, angka kredit yang diperoleh 2, bukti fisik berupa jurnal yang disertai keterangan tentang tingkat penerbitan.
  • Laporan hasil penelitian yang disusun menjadi artikel ilmiah, diterbitkan/dipublikasikan dalam majalah ilmiah/jurnal ilmiah tingkat kabupaten /kota, angka kredit yang diperoleh 1, bukti fisik berupa jurnal yang disertai keterangan tingkat penerbitan.
  • Laporan hasil penelitian yang diseminarkan disekolah/madrasahnya dan disimpan diperpustakaan, angka kredit 4, dengan bukti fisik makalah laporan hasil penelitian yang dilengkapi berita acara yang membuktikan bahwa hasil penelitian tersebut telah diseminarkan di sekolah / madrasahnya.

b. Makalah berupa tinjauan ilmiah dibidang pendidikan formal dan pembelajaran


Yaitu karya tulis guru yang berisi ide/gagasan penulis dalam upaya mengatasi berbagai permasalahan pendidikan formal dan pembelajaran di sekolahnya. Angka kredit yang diperoleh 2, dengan bukti fisik berupa makalah asli atau foto kopi yang ditandatangani kepala sekolah dan disertai keterangan dari kepala perpustakaan bahwa arsip dari buku/jurnal/makalah tersebut disimpan diperpustakaan.

c. Tulisan ilmiah populer, yaitu tulisan yang dipublikasika di media masa.

  • tingkat nasional memperoleh angka kredit 2 dengan bukti fisik guntingan (kliping)  tulisan dari media masa tersebut. Jika foto kopi maka harus ada pernyataan dari kepala sekolah tentang keasliannya.
  • tingkat prpoinsi memperoleh angka kredit 1,5 dengan bukti fisik seperti di atas.

d. Artikel ilmiah dalam bidang pendidikan, 

yaitu tulisan yang berisi gagasan atau tinjauan ilmiah dalam pendidikan formal dan pembelajaran disatuan pendidikan yang dimuat di jurnal ilmiah. Angka kredit untuk tingkat nasional 2, untuk tingkat propinsi 1,5, untuk tingkat kabupaten atau sekolah 1. Bukti fisik berupa jurnal yang disertai keterangan untuk tingkat jurnal bersangkutan.


3. Publikasi Buku Teks pelajaran, buku pengayaan dan/atau buku pedoman guru


a. Buku Pelajaran terdiri dari :

  • Buku pelajaran yang lolos penilaian oleh BNSP mendapat angka kredit 6. Bukti fisik berupa buku asli atau foto kopi  disertai persetujuan BSNP dan nomor ISBN
  • Buku pelajaran yang dicetak oleh penerbit dan ber ISBN, besaran angka kredit 3.
  • Buku pelajaran yang dicetak oleh penerbit tetapi belum ber ISBN, besaran angka kredit 1.

b. Modul/diktat pembelajaran per semester

Modul adalah materi pelajaran yang disusun dan disajikan secara tertulis sedemikian rupasehingga pembacanya diharapkan dapat menyerap sendiri. Kerangka isi modul umumnya terdiri dari :
  • petunjuk untuk siswa
  • isi materi bahasan (uraian dari contoh)
  • lembar kerja siswa
  • evaluasi
  • kunci jawaban evaluasi
  • pegangan tutor/guru jika ada
Diktat adalah catatan tertulis suatu mata pelajaran atau bidang studi yang dipersiapkan guru untuk mempermudah atau memperkaya materi.
  • Angka kredit modul/diktat yang digunakan tingkat propinsi yaitu 1,5.
  • Modul /diktat yang digunakan tingkat kabupaten/kota besaran angka kredit 1.
  • Modul/diktat digunakan disekolah besaran angka kredit 0,5.

c. Buku dalam bidang pendidikan 

Merupakan buku yang berisi pengetahuan terkait dengan bidang kependidikan. Angka kredit yang ber ISBN yaitu 3, sedangkan yang belum ber ISBN 1,5. Bukti fisik berupa buku asli atau fotokopi disertai keterangan lain yang diperlukan.

d. Karya Terjemahan

Yaitu tulisan yang dihasilkan dari penerjemahan buku pelajaran atau buku dalam bidang pendidikan. Besaran angka kredit 1, dengan bukti fisik buku asli atau fotokopi dilengkapi dengan keterangan yang dibutuhkan.

e. Buku Perdoman Guru

Adalah buku tulisan guru yang berisi rencana kerja tahunan guru. Angka kredit yang diperoleh adalah 1,5. Bukti fisik berupa Makalah Rencana Kerja (Pedoman Kerja Guru) yang secara jelas menunjukan nama penulis dan tahun rencana kerja tersebut dilakukan. Makalah harus dilengkapi dengan pernyataan keaslian dari kepala sekolah beserta lampiran yang diperlukan.

Demikian beberapa publikasi ilmiah yang bisa digunakan untuk memperoleh angka kredit sebagai syarat kenaikan pangkat atau golongan. Biasanya yang sering digunakan guru dan tergolong relatif mudah adalah menyusun PTK atau Pedoman Guru. 

Semoga bermanfaat.
Referensi : Permendiknas Nomor 35 Tahun 2010 Tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya

Undang - Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa

Bagi yang sedang mencari Undang - Undang Desa Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, silahkan download link di bawah ini.
Undang - undang ini mengatur tentang semua hal terkait dengan pelaksanaan pemerintah desa seperti tentang Syarat - syarat Calon Kepala Desa, Pemberhentian Kepala Desa, Perangkat Desa, Kewajiban Desa, Keuangan Desa dan lain sebagainya.


Peraturan lebih rinci tentang desa biasanya diatur lebih lanjut oleh peraturan daerah kota / kabupaten masing - masing desa.


Semoga bermanfaat.


Yuk Memperingati Hari Bumi!


Buka facebook saat mata masih ngantuk, saya mendapatkan ucapan selamat Hari Bumi dari tim facebook.  Saya penasaran tentang Hari bumi, langsung googling, dan hasilnya sebagai berikut.
Ternyata setiap tanggal 22 April penduduk seluruh dunia memperingati Hari Bumi.  Peringatan ini pertama kali dirayakan pada tahun 1970, yaitu ketika pertama kali hari bumi dideklarasikan oleh Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson. 
Terdapat beberapa fakta menarik dari peringatan hari bumi, seperti yang dikutip dari situs loop.co.id antara lain :

- Peringatan hari bumi dilaksanakan setiap tanggal 22 April karena dibumi utara baru mengalami musim semi dan di bumi selatan baru mengalami musim gugur
- Hari bumi memiliki bendera sendiri yang bernama Earth Day Flag yang dibuat oleh John Mc Conell.  Bendera berwarna biru langit dengan gambar bumi ditengahnya. 
bendera hari bumi
- Hari bumi bermula dari protes warga Amerika terhadap polusi udara.  Mereka menginginkan udara dan air yang bersih. 
- Hari bumi adalah hari raya non keagamaan yang dirayakan oleh seluruh dunia.  Lebih dari 175 negara merayakan hari bumi.
- Banyak cara yang dilakukan dalam memeringati hari bumi.  Setiap negara memiliki agenda sendiri - sendiri dalam memperingatinya.

Nah, itu beberapa fakta tentang hari bumi.  Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk ikut serta merayakan hari bumi selain mengkampanyekan peringatan ini di media sosial dan sejenisnya.  Situs alamendah.org menyarankan beberapa tindakan nyata dalam memperingati hari bumi.  Apa sajakah itu? 

1. Hemat energi, terutama energi yang bersumber dari fosil karena akan berdampak pada efek rumah kaca.
2. Kurangi plastik, karena plastik sangat sulit terurai sehingga menjadi masalah lingkungan tersendiri.  Walau plastik bisa di daur ulang, pemakaian plastik ternyata lebih banyak dan tidak seluruhnya masuk siklus daur ulang.
3. Kurangi konsumsi listrik dengan mematikan peralatan yang tidak perlu dan mencabutnya dari stop kontak karena tanpa disadari peralatan yang terhubung masih mengkonsumsi listrik
4. Tanam pohon,  karena pohon begitu banyak memberikan manfaat bagi lingkungan dan juga manusia.  Selain penghasil oksigen, pohon juga berperan dalam mengurangi dampak pemanasan global.
5. Daur ulang limbah elektronik,  karena limbah elektronik mengandung banyak zat berbahaya bagi lingkungan seperti mercury,  timbal dan zat kimia lainnya.  Kumpulkan limbah elektronik tersebut pada penampungan khusus.
6. Dukung penggunaan energi terbarukan sehingga kita tidak bergantung kepada energi berbasis fosil yang tidak ramah terhadap lingkungan.

Itu beberapa saran dari situs alamendah.org sebagai wujud aksi nyata memperingati Hari Bumi.  Setujukah dengan saran di atas? Yang jelas, karena bumi merupakan tempat tinggal kita,  maka kita harus mampu menjaga nya dengan baik.  Jangan rusak lingkungan sekitar kita.

menanam pohon atau berkebun, aksi nyata menjaga bumi kita
Selain beberapa langkah di atas, yang terpenting dalam memperingati hari bumi ini adalah dengan merubah pola pikir kita agar lebih menghargai kelestarian lingkungan.  Banyak hal sederhana yang bisa kita lakukan seperti tidak membuang sampah sembarangan misalnya, membawa tempat khusus barang belanjaan ketika ke minimarket, menghemat penggunaan air, dan lain sebagainya.  Lakukan dari hal - hal kecil yang sanggup kita lakukan. Jika masih banyak ruang kosong dirumah kita, buatlah lebih hijau dengan menanam pohon,  bunga atau sayuran.

Yuk kita dukung peringatan hari bumi dengan tindakan nyata. Selamat Hari Bumi.

Daftar Peserta PLPG / Sertifikasi Kabupaten Serang 2016

sumber :www.maribelajarbk.web.id
Untuk rekan - rekan yang sedang mencari informasi daftar Peserta PLPG Kabupaten Serang Tahun 2016, berikut daftar tersebut seperti yang terdapat pada link dibawah ini.
Berdasarkan edaran yang ada, calon peserta PLPG/Sertifikasi Kabupaten Serang 2016 akan mendapatkan pengarahan atau sosialisasi selama dua tahap atau gelombang. Gelombang pertama pada Hari Selasa tanggal 26 April 2016. Untuk nama - nama Calon Peserta Sertifikasi Kabupaten Serang 2016 gelombang satu dapat dilihat pada link dibawah ini :

Daftar Nama Peserta Sosialisasi Sertifikasi Dilingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang Tahun 2016

Sedangkan gelombang kedua sosialisasi akan dilaksanakan pada Hari Rabu tanggal 27 April 2016. Untuk nama Calon Peserta Sertifikasi Kabupaten Serang 2016 gelombang dua dapat dilihat dibawah ini :

Daftar Nama Peserta Sosialisasi Sertifikasi Di Lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang Tahun 2016 Gel. 2

Pada tahap sosialisasi, Calon Peserta Sertifikasi Kabupaten Serang 2016 akan mendapatkan pengarahan dari instansi terkait. Berikut jadwal acaranya untuk kegiatan sosialisasi tersebut :

Lampiran Acara
Undangan Sosialisasi

Daftar Calon Peserta Sertifikasi Kabupaten Serang 2016 tersebut merupakan daftar nama yang sudah diverifikasi berdasarkan aplikasi AP2SG atau yang terdapat di situs www.sergur.kemdiknas.go,id. Melalui situs tersebut, kita juga dapat mengetahui nilai UKG tahun 2015. Untuk mengetahui nilai UKG tahun 2015, yaitu dengan memasukan NUPTK yang kita miliki. Langkahnya sebagai berikut :
1. Buka situs http://sergur.kemdiknas.go.id/
2. Klik Link "Daftar Calon Peserta"

3. Masukan nomor NUPTK yang kita miliki
4. Hasil yang akan muncul sperti gambar dibawah ini :


Semoga bermanfaat. Mangga dishare supaya tidak ada rekan - rekan yang ketinggalan informasi.

Situs Patapaan Sultan Hasanudin

Situs patapaan Sultan Hasanudin adalah situs purbakala yang berada di Desa Nagara Kecamatan Kibin Kabupaten Serang.  Situs ini berupa tumpukan batu yang diduga dijadikan tempat "pangrereban" atau tempat bertapa Sultan Hasanudin (Sultan Kerajaan Islam Banten).
kursi bulat
Kursi Bulat

Kursi bulat tersebar dibebarapa titik mengitari lokasi

altar atau mungkin meja
 Bangunan ini selain berupa tumpukan batu dengan ukuran sedang, juga terdapat batu yang berfungsi sebagai kursi dan meja. Kursi - kursi tersebut berbentuk bulat mengelilingi sebuah kursi masif (altar)  memiliki bentuk berupa candi dengan bentuk persegi panjang untuk duduk bersila, sedangkan kursi bulat yang mengitari memiliki ketinggian yang lebih rendah sehingga tatanan bentuk tersebut mengesankan sebagai tempat pertemuan.
Penjaga situs
Menurut petugas situs, Hasan Basri, situs ini belum dapat dipastikan kapan pertama kali dibangun karena belum adanya penelitian yang pasti. Kesimpulan sementara situs ini dibangun pada masa sebelum adanya Kesultanan Banten. Karena bentuknya seperti punden yaitu tempat pemujaan pada masa megalitikum, maka diperkirakan situs ini merupakan peninggalan Megaltik.
Menurut pengakuan Bapak Hasan,  situs ini baru dikelola pemerintah sekitar tahun 90-an.  Sebelumnya,  banyak barang - barang yang sudah hilang karena diambil oleh masyarakat sekitar termasuk batu - batu yang banyak tersebar di tempat tersebut beberapa truk dimanfaatkan untuk membangun jalan.
Jalan menuju lokasi
Saat ini,  situs tersebut dijadikan cagar budaya yang dikelola oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Banten.  Selain dipagar, situs juga dijaga oleh petugas.  Namun sangat disayangkan, banyak tulisan - tulisan ulah tangan jahil pada batu - batuan yang terdapat pada situs.
Selain sebagai cagar budaya, situs ini juga dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai tempat penziarahan.  Banyak yang berziarah ditempat ini agar permohonannya dikabulkan. Biasanya, para penziarah akan berdatangan ketika malam rabu.

Lanjut ke SMA atau SMK? Ini Pertimbangannya.


Dalam dunia yang semakin kompetitif, sekolah sebagai tempat dilaksanakannya proses pendidikan memiliki peran penting dalam menyiapkan generasi muda untuk bisa bertahan hidup di masa yang akan datang.  Saat ini sekolah begitu menjamur berbagai jenjang dengan berbagai nama dan berbagai kekhasan tertentu.

Semut hewan mengagumkan yang dibutuhkan dunia

Semua pasti kenal semut karena dengan sangat mudah kita menjumpainya disekeliling kita.  Kebanyakan kita mengabaikan keberadaan mereka.  Tapi tahukah anda bahwa semut hewan mengagumkan yang sangat dibutuhkan oleh dunia.  Benarkah?? Mari kita lihat bagaimana semut bisa dikatakan sebagai mahluk yang mengagumkan.
1. Semut mampu mengangkat beban 50 kali berat badannya
Jika berat tubuh kita 60 kg,  maka 50 kali berat tubuh kita adalah 3000 kg.  Sanggupkah kita mengangkat beban seberat itu?  Atau bayangkan mengangkat sebuah mobil pikap. Pasti kita sepakat tidak akan sanggup mengangkatnya tanpa bantuan alat apa pun. Dan luarbiasanya, semut mampu mengangkat beban 50 kali dari berat tubuhnya.
2. Semut menempati hampir seluruh penjuru dunia
Dimana pun dipenjuru bumi ini, pasti kita akan menemukan semut. Semut mendiami hampir seluruh sudut dunia termasuk dipadang pasir.  Semut tidak bisa ditemukan hanya di Benua Antartika.
3. Jumlah semut sangat banyak
Pernah menghitung jumlah semut yang ada disekitar rumah kita?  Tak terhitung bukan?  Benar sekali, jumlah semut sangat banyak terdiri dari berbagai spesies.  Penelitian yang ada menyebutkan bahwa
diperkirakan lebih dari 1 kuadriliun (10.000.000.000.000.000) jumlah semut yang ada dibumi. 
4. Semut berjalan sangat cepat dan berjalan sepanjang hari
Semut berjalan dengan kecepatan   2 inci perdetik. Dalam perspektif kita, tampaknya itu sangat lambat.  Mari kita lihat lebih dalam.  Jika semut berjalan selama 12 jam, maka jarak yang sanggup ia tempuh 7200 kaki atau setara 1 1/3 mil.  Tampaknya tidak luar biasa. Tapi coba kita bandingkan jarak tersebut dengan panjang tubuh mereka.  Jarak tersebut 365.760 kali panjang tubuh mereka. Jika dibandingkan manusia, maka jarak tersebut sama dengan 415 mil yang harus ditempuh dalam 12 jam. Untuk menempuh jarak tersebut manusia harus berlari dengan kecepatan 34 km/jam tanpa henti selama 12 jam. Sanggup?
5. Semut dapat berbicara
Dalam Alquran surat An-Naml ayat 18 , disebutkan bahwa semut berbicara saat tentara Sulaiman akan melintas. Mungkin kita berpikir ini hanya bualan.  Tapi faktanya,  penelitian terbaru membuktikan kebenaran Alquran seperti yang dimuat Science Magazine tanggal 6 Februari 2009. Penelitian tersebut berhasil mengungkap bahwa teknologi audio yang canggih telah meneliti dan menemukan kesimpulan bahwa semut - semut secara rutin berbicara satu sama lain. Menggunakan microfon dan speaker mini yang canggih yang ditempatkan dalam sarang mereka, diketahui bahwa ratu semut memberi intruksi kepada pekerja mereka. Penjelasan lebih lengkap baca www.makintau.com.
Selain beberapa keajaiban di atas, masih banyak fakta lain yang begitu mengagumkan dari semut.  Silahkan baca 50 fakta tentang semut.
Mengapa dunia membutuhkan semut?
1. Semut adalah pengurai yang baik
Semut berperan penting dalam menjaga ekosistem terutama sebagai pengurai makanan.  Jutaan ribu ton sampah organik diurai oleh semut menjadi unsur hara yang bermanfaat bagi tumbuhan.  Semut merupkan pembersih alami.  Dengan adanya mereka, ekosistem berjalan dengan sempurna.
2. Semut membantu penyerbukan
Dalam perkembangbiakan tumbuhan, semut memegang banyak peran penting,  diantaranya adalah membantu penyerbukan karena aktifitas semut. Semut juga menyebarkan bebih - benih tumbuhan ke berbagai lokasi.
3. Semut menjadi contoh bagi manusia
Peran ini akan berarti bagi mereka yanh mau belajar dari semut.  Banyak hal yang bisa kita pelajari,  mulai dari bagaimana membangun sistem organisasi yang tangguh,  kerjasama yang baik,  kerja keras, dan juga untuk bisa saling menghargai satu sama lain.  Amatilah semut,  perhatikan apa yang mereka lakukan.  Luar biasa bukan?  Banyal hal yang dapat kita pelajari dari mereka.
Sebetulnya masih banyak alasan lain mengapa dunia membutuhkan semut.  Silahkan pikirkan sendiri.  Tulisan ini hanya untuk mengingatkan kita betapa tuhan menciptakan segala sesuatu tanpa kesia-siaan. Allahu'alam.

Mengapa siswa mencontek pada saat ujian?

Apakah anda pernah mencontek??  Mungkin sebagian besar menjawab iya.  Mencontek seolah menjadi suatu hal yang lumrah ketika diadakan ujian.  Padahal, bahaya laten mencontek begitu besar. Mental curang terbentuk sedikit demi sedikit dari aktifitas mencontek dan lambat laun menjadi sebuah karakter.  Kecurangan di anggap suatu hal yang biasa dalam mencapai sebuah tujuan.  Akhirnya, ketika dewasa, mereka (pencontek)  menjadi para koruptor yang pintar memanipulasi demi keuntungan pribadinya. Pejabat korup itu adalah buah dari pola pendidikan yang ia terima termasuk dari kebiasaannya mencontek di sekolah.
Lalu mengapa siswa mencontek pada saat ujian.  Banyak alasan mengapa mereka mencontek, berikut sebagian di antaranya menurut pengamatan penulis :
1. Menginginkan nilai yang besar
Motivasi terbesar pelaku mencontek adalah ingin mendapatkan nilai maksimal agar mendapat pujian/penghargaan atau rangking kelas.  Pelaku melakukan berbagai cara termasuk mencontek saat ia tidak mampu menjawab soal - soal yang ada. Biasanya pelaku sadar apa yang dilakukannya salah, namun motivasi yang besar untuk mendapatkan penghargaan dengan nilai bagus menjadikannya menghalalkan berbagai cara.
2. Tidak percaya diri
Adakalanya siswa mampu menjawab soal namun hati nya ragu apakah jawabannya benar atau salah.  Dan ketika melihat teman sebelah,  jawabannya berbeda.  Hal ini membuat semakin ragu dan tidak percaya diri dengan apa yang sudah dijawab.  Ujungnya ia mencontek pada catatan untuk memastikan kebenaran atas jawaban tersebut.
3. Materi tidak dikuasai karena terlalu sulit dipahami
Pada mata pelajaran tertentu, kadang siswa sulit memahami apa yang disampaikan guru ketika proses pembelajaran.  Menurutnya materi terlalu sulit.  Ketika ujian tiba terkait materi tersebut, akhirnya ia menyiapkan catatan untuk dijadikan alat mencontek. 
4. Malas belajar/persiapan yang kurang
Penyakit terbesar yang terdapat pada manusia adalah rasa malas.  Termasuk dalam hal belajar atau mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian.  Persiapan yang kurang akhirnya berujung pada aktivitas mencontek dalam menjawab soal - soal ujian.
5. Tuntutan yang berlebih
Sebagai siswa,  kadang mereka mendapatkan tuntutan lebih dari berbagai pihak.  Sekolah menuntut agar mereka memperoleh nilai di atas kkm.  Orang tua menuntut agar ia memperoleh peringkat kelas.  Dan mungkin juga tuntutan untuk mendapat penghargaan dari teman - temannya.  Pada saat ia sadar kemampuannya belum maksimal, maka untuk memenuhi berbagai tuntutan tersebut,  cara tidak terpuji seperti mencontek pun ia lakukan.
6. Rendahnya kesadaran bahaya mencontek
Rata - rata pelaku mencontek tidak sadar perilaku curangnya tersebut bisa menjadi karakter yang mendarah daging di dalam hidupnya. Karakter ini lah yang pada akhirnya nanti merusak sistem dalam lingkup yang lebih luas pada kehidupan bermasyarakat atau bernegara.  Hasil akhir dari mencontek contohnya adalah pejabat korup.  Kebanyakan siswa atau bahkan guru tidak menyadari hal tersebut.
7. Keimanan yang masih kurang
Setiap agama pasti mengajarkan tentang berbuat jujur. Jika setiap pemeluk agama menjalankan agamanya dengan benar, maka ia tidak akan mencontek karena kegiatan itu adalah bagian dari perbuatan tidak jujur atau curang yang nanti mendapatkan balasan karena berdosa.
8. Pengawasan yang kurang ketat
Pada saat ujian berlangsung,  biasanya terdapat pengawas yang bertugas mengawasi ujian agar tidak terjadi kecurangan.  Tapi tidak jarang,  pengawas ujian lalai dan memberi peluang siswa untuk mencontek. 
Nah, itulah beberapa alasan mengapa siswa mencontek berdasarkan pengamatan penulis.  Silahkan untuk menambahkan alasan lainnya jika ada.  Semoga bermanfaat. 
Allahu'alam.

Manfaat Gerakan Sholat Untuk Kesehatan

Selain syahadat,  sholat diwajibkan untuk setiap muslim sebagai rukun Islam yang kedua.  Sholat menurut bahasa berarti doa.  Sedangkan menurut istilah,  sholat adalah serangkaian kegiatan khusus atau ibadah yang dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam. Tata cara sholat yaitu seperti yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. 
Sholat dilaksanakan lima waktu dalam sehari dengan total jumlah rakaat sebanyak tujuh belas rakaat.  Sholat dilaksanakan oleh muslim dengan tujuan agar terhindar dari perbuatan keji dan munkar seperti yang tertulis pada QS.  Al-Ankabut ayat 45. Artinya,  setiap muslim yang melaksanakan sholat, maka perilakunya terpuji dan jauh dari sifat tercela. Tapi bukankah banyak yang mengaku muslim namun banyak melakukan perbuatan yang tidak terpuji,  padahal dia melaksanakan sholat?? Jawabannya sederhana, berarti orang tersebut belum melaksanakan sholat sesuai syariat, karena jika ia bersungguh - sungguh mengerjakan sholat sesuai petunjuk yang ada,  maka akan tercermin pada perilaku nya sehari - hari.
Selain menghindarkan kita dari perbuatan keji dan munkar, ternyata penelitian ilmiah menunjukan bahwa gerakan sholat juga bermanfaat bagi kesehatan.  Berikut penjelasannya :
1. Takbiratul Ihram
Gerakan takbiratul ihram adalah dengan mengangkat kedua tangan sampai sejajar telinga, kemudian melipatnya didepan perut atau dibawah dada.  Gerakan ini bermanfaat dalam memperlancar peredaran darah,  peredaran getah bening dan juga memperkuat otot lengan.  Sikap tangan yang didekapkan pada perut atau dibawah dada bermanfaat mencegah kerusakan persendian tubuh bagian atas.
2. Ruku
Ruku dilakukan dengan membungkukan badan sehingga posisi kepala sejajar dengan punggung dan tangan memegang lutut.  Gerakan ini bermanfaat dalam menjaga kesempurnaan posisi tulang belakang sebagai penopang tubuh dan pusat syaraf. Selain itu,  ruku bermanfaat untuk menghindari gangguan prostat.
3. I'tidal
I'tidal adalah gerakan diantara ruku dan sujud dengan cara mengangkat tangan sejajar telinga.  Gerakan inu bermanfaat untuk organ pencernaan karena mendapat pijatan dan pelonggaran secara bergantian.  Efeknya,  pencernaan menjadi lebih lancar.
4. Sujud
Gerakan sujud dilakukan dengan cara meletakan dahi, telapak tangan, lutut dan ujung kaki pada lantai.  Posisi seperti ini menyebabkan jantung berada di atas kepala,  sehingga darah yang kaya oksigen dialirkan maksimal ke otak sehingga meningkatkan daya ingat atau kecerdasan.  Gerakan sujud juga bermanfaat mencegah wasir dan meningkatkan kesuburan bagi wanita.
5. Duduk Tahiyyat Awal
Posisi duduk pada tahiyyat awal yaitu menduduki telapak kaki kiri dengan pangkal paha.  Posisi ini bermanfaat untuk menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang biasanya menyebabkan orang tidak sanggup berjalan. 
6. Duduk Tahiyyat Akhir Perbedaan dengan tahiyat awal yaitu pada posisi telapak kaki kiri. Gerakan pada tahiyyat akhir sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan organ reproduksi pria.  Jika dilakukan dengan benar akan posisi ini akan menghindarkan pria dari impotensi.
7. Salam
Gerakan salam yaitu dengan memutar kepala ke kanan dan ke kiri secara maksimal. Gerakan ini bermanfaat untuk merileksasi otot sekitar leher dan kepala sehingga memperlancar peredaran darah di kepala.  Gerakan ini mencegah terjadinya sakit kepala dan juga menjaga kekencangan kulit wajah. Selain sehat,  dengan sholat,  kita juga memelihara kecantikan/ketampanan yang diberi oleh Allah SWT.
Jadi, dengan melihat begitu banyak manfaat sholat baik dari sisi sikap dan juga kesehatan, maka sudah sepatutnya muslim hidup dengan penuh kedamaian dalam tubuh yang sehat atau tidak sakit - sakitan.  Yu kita tingkatkan lagi kualitas sholat kita.  Allahu'alam.  Semoga bermanfaat. 
Sumber : diolah dari beberapa sumber

Tanaman Ini Menyembuhkan Luka Lebih Cepat Dibanding Betadine



Jagoan Banten. Setiap manusia pasti pernah mengalami luka (gores), terutama akibat kecelakaan kecil seperti terjatuh, tersayat pisau dan lain sebagainya. 

Kitaa lebih sering memperoleh luka pada masa kanak - kanak daripada ketika dewasa karena pada masa itu begitu aktif sehingga sering terjatuh atau sering mengalami benturan. 

Penting, googling nama sendiri, mengapa?

Mengetikan nama sendiri di google search mungkin terkesan narsis.  Tapi ini penting dilakukan.  Mengapa??
Sebagai mahluk sosial tentu kita selalu bersosialisasi baik di dunia nyata atau didunia maya.  Meng-googling nama sendiri berfungsi mengetahui persepsi orang terhadap kita.  Karena didunia maya setiap kegiatan kita terekam dan hal tersebut menunjukan bagaimana reputasi kita didunia maya.
Sekali kita mengetikan sebuah pos di internet,  maka itu akan tersimpan selamanya, sekali pun kita menghapusnya mungkin saja ada orang yang sudah menyimpannya.
Rekam jejak kita di internet juga sekarang dimanfaatkan oleh perusahaan ketika merekrut tenaga kerja.  Data otentik disajikan di internet berupa rekam jejak aktifitas kita disana,  termasuk dalam media sosial atau sejenisnya.
Maka ada baiknya kita melihat rekam jejak kita selama ini dengan meng-googling nama kita.
Berhati - hatilah dalam memposting foto,  status atau komentar yang justru akan merusak reputasi kita. 

Semoga bermanfaat..
Diadopsi dari detik.com

Aturan Kenaikan Kelas Tingkat SMP Berdasarkan Permendikbud Nomor 53 tahun 2015 dan Buku Panduan Penilaian Untuk SMP

Setiap sekolah pasti memiliki kebijakan masing - masing tentang layak atau tidaknya seorang siswa untuk naik kelas.  Standar setiap sekolah mungkin berbeda dengan sekolah lain.  Maka,  untuk menyeragamkan,  pemerintah melalui Permendikbud nomor 53 tahun 2015, yang kemudian diperjelas dengan Buku Panduan Penilaian Untuk Sekolah Menengah Pertama,  mengatur tentang siswa yang layak naik kelas.
Berdasarkan permendikbud tersebut, siswa  SMP  dinyatakan naik kelas apabila  memenuhi syarat:
1.  Menyelesaikan  seluruh  program  pembelajaran  dalam  dua  semester  pada  tahun pelajaran  yang  diikuti.
2.  Deskripsi  sikap  sekurang-kurangnya  BAIK  sesuai  dengan  kriteria  yang  ditetapkan oleh satuan pendidikan.  
3. Nilai ekstrakurikuler  pendidikan kepramukaan minimal  BAIK.  
4. Tidak  memiliki  LEBIH  DARI  dua  mata  pelajaran  yang  masing-masing  nilai kompetensi  pengetahuan  dan/atau  kompetensi  keterampilannya  di  bawah KBM/KKM.  Karena  ketuntasan  belajar  yang  dimaksud  pada  kenaikan  kelas  adalah ketuntasan  dalam  konteks  kurun  waktu  belajar  1  (satu)  tahun,  apabila  ada  mata pelajaran  yang  tidak  mencapai  KBM/KKM  pada  semester  ganjil  atau  genap,  nilai mata  pelajaran  dihitung  dari  rerata  nilai  semester  ganjil  dan  genap  pada  tahun pelajaran  tersebut.  Sebagai  contoh,  nilai  mata  pelajaran  Bahasa  Inggris  siswa  X  pada semester  ganjil  kelas  VIII  adalah  56  (KBM/KKM  60).  Nilai  siswa  tersebut  pada mata  pelajaran  yang  sama  pada  semester  genap  di  kelas  yang  sama  adalah  70.  Rerata nilai  siswa  tersebut  adalah  (56+70):2  =  63.  Dengan  KBM/KKM    60,  siswa  X tersebut dinyatakan tuntas pada  mata  pelajaran  Bahasa  Inggris.
5. Ketuntasan  belajar  minimal  sekurang-kurangnya  60.  Satuan  pendidikan  dapat menetapkan  KBM/KKM  lebih  dari  60  sesuai  dengan  memperhatikan  kemampuan awal    siswa,  kerumitan  kompetensi,  dan  keadaan  sumber  daya  pendidikan  di  satuan pendidikan tersebut.  
6. Seorang  siswa  naik  kelas  atau  tidak  didasarkan  pada  hasil  rapat  pleno  dewan  guru dengan  mempertimbangkan  kebijakan  sekolah,  seperti  minimal  kehadiran,  ketaatan pada tata tertib, dan peraturan lainnya yang berlaku di sekolah tersebut.

Demikian aturan terbaru yang dikeluarkan pemerintah tentang kenaikan kelas untuk tingkat SMP.  Semoga bermanfaat.

Katanya Remaja Keren Tuh Begini ...

Sumber gambar : google.com
Remaja,  identitas yang disematkan pada manusia dengan usia kisaran 12 s.d 18+ tahun,  atau belum menikah.  Pada usia ini remaja memiliki ketidakstabilan emosi.  Cara pandang tentang hidup masih sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya.  Terutama teman sebayanya.  Termasuk dalam menentukan ukuran "keren" dalam hidup mereka.  Nah, ini dia remaja yang katanya keren menurut mereka :

Bapakku

Hari ini,  4 April 2016, duduk di ruang tunggu Rumah Sakit Hermina Ciruas.  Bukan tanpa sebab malam ini saya masih disini.  Saya berdua bersama kakak ipar sedang giliran jaga bapak ku yang sedang masuk ICU.  Ya,  bapak ku tercinta,  bapak ku yang begitu banyak berjasa untuk hidup ku.  Bapakku yang selalu saja ku repotkan,  saat kecil ku, bahkan hingga saat ini.  Sekarang,  ia terbaring lemah.  Jangankan berjalan,  untuk bicara pun tak sanggup.  Bapak,  cepatlah sembuh bapak.  Mari berkumpul lagi bersama keluarga bahagia kita.  Bapak,  tak terasa air mata ku terjatuh saat mengenang semua kisah kita.  Saat kecil ku dulu..  Kau selalu buatku tersenyum, bermain dipematang sawah,  menggendongku, bercengkrama denganku.  Kau selalu manjakan ku.  Tak pernah kau membentakku.  Begitu sabar,  pun begitu saat ku berulah.  Kau selalu sembunyikan beban hidupmu..  Kau korbankan kebahagiaan mu.   Demi anak - anak mu.
Bapak,  kadang aku tidak tahu berterima kasih.  Kadang aku terlaly menuntut banyak pada mu, dan kau selalu berjuang untukku.. Sekalipun permintaan ku begitu sulit.  Bapak,  sampai detik ini., aku selalu menyusahkanmu..
Bapak.. Sekarang kau terbaring lemah,  dan aku tak bisa berbuat banyak membantu mu..
Ya Allah ya Rabb..  Mohon padamu..  Berilah kesembuhan untuk bapak ku.. Ya allah ya rabb...  Angkatlah penyakitnya... Aaamminn...

Dokter mengatakan bapak ku terkena strooke.  Padahal sebelumnya tidak pernah ada riwayat jantung.  Mungkin karena faktor usia. 
Penyebabnya apa,  sy sendiri belum paham,  tapi sebelum magrib, malam minggu kemarin,  dia berbincang dengan kakak ipar dan kakak sepupu yang sedang meroko.  Mungkin karena paparan asap rokok,  pada magrib ia mengeluh pusing dan sakit yang begitu hebat di kepalanya.  Ia pun beristirahat.  Tapi pada malam hari nya.. Ia mengerang kesakitan dan muntah - muntah.  Sampai pada akhirnya ia kehilangan kesadaran.  Baru lah pagi hari nya di harinya dibawa ke rumah sakit.  Begitu singkat kejadiannya.

Yang dapat saya pelajari,  kesehatan begitu sangat berharga.  Jaga kesehatan badan kita dengan baik.  Hindarilah rokok. 

Tulisan ini amburadul..  Mohon di maklum karena penulis sedang merasa tidak karuan..  Mohon doa nya untuk kesembuhan bapakku.  ...

Amazing : Penduduk Indonesia Menghabiskan Dana 30 Triliun Pertahun Untuk Belanja Syahwat!

Penduduk Indonesia mayoritas muslim.  Dalam Islam,  sangat jelas di atur tentang bagaimana hubungan antara lawan jenis atau hubungan suami istri.  Tanpa pernikahan yang sah, tentu menjadi perbuatan yang di larang melakukan hubungan sex.  Tapi faktanya,  gaya hidup di Indonesia sudah mulai ke barat - baratan.  Sex bebas menjadi tren saat ini. 
Berdasarkan situs DW.com yang di kutip kompas.com, lebih mencengangkan lagi,  Indonesia menempati urutan ke 12 belanja sex terbanyak di dunia dengan menghabiskan dana mencapai 2.2 milyar dollar pertahun atau setara hampir 30 triliun rupiah pertahun.  Wow, angka yang sangat fantastis untuk sebuah kegiatan belanja prostitusi di negeri mayoritas muslim. 
Belanja terbesar untuk bisnis prostitusi di tempati oleh China, disusul Spanyol ditempat kedua, dan diposisi ketiga adalah Jepang.  Berikut daftar negara dengan belanja prostitusi terbesar di dunia :
1. China
2. Spanyol
3. Jepang
4. Jerman
5. Amerika Serikat
6. Korea Selatan
7. India
8. Thailand
9. Filipina
10. Turki
11. Swiss
12. Indonesia
Praktek pelacuran di Indonesia dilakukan secara terselubung dan ada juga yang disediakan tempat khusus (lokalisasi).  Berdasarkan data dari Unicef,  30% pelaku prostitusi di Indonesia masih dibawah 18 tahun atau termasuk kategori pelajar.  Bahkan termasuk para mucikarinya. Dan saat ini lagi tren juga artis sebagai pelaku prostitusi.
Lalu mengapa kondisi ironis ini bisa terjadi??  Menjawab pertanyaan ini secara benar tentu membutuhkan penelitian lebih lanjut.  Tapi tidak salah juga jika kita melakukan analisis terhadap masalah ini. Pertama,  kemajuan teknologi informasi menjadikan batas antar negara seolah kabur. Kita dengan mudah dapat mengakses berbagai informasi dari penjuru dunia mana pun.  Demikian pula dengan informasi yang bersifat destruktif.  Video porno misalnya.  Sekuat apa pun pemerintah memblokir berbagai situs porno,  sampai detik ini,  masih banyak jutaan situs porno dapat dengan mudah diakses,  termasuk oleh mereka yang berstatus pelajar.  Efeknya,  pelajar yang nota bene remaja memiliki kecenderungan untuk mencoba sesuatu yang baru,  termasuk apa yang baru mereka lihat.
Kedua, pola pendidikan yang diterapkan orang tua masih menggunakan pola-pola lama tanpa menyadari begitu besarnya perubahan sosial budaya saat ini, sehingga kontrol terhadap anak sangat kurang.
Ketiga,  pemahaman terhadap ajaran agama semakin menipis. Masyarakat kita cenderung permisif bahkan dengan mengabaikan norma - norma agama.
Keempat,  bisnis yang mudah dan sangat menyenangkan (mungkin)  bagi pelakunya adalah prostitusi. Kenikmatan ia peroleh,  demikian juga dengan pundi uang.  Maka tidak heran banyak yang tertarik menekuni bisnis ini.
Kelima,  pola - pola pacaran saat ini cenderung mengarah pada kegiatan - kegiatan negatif.  Dan biasanya,  para pelaku prostitusi sebagai akibat pacaran "negatif" tersebut.
Keenam,  tayangan televisi yang kebanyakan tidak mendidik.  Apalagi sinetron remaja yang ada di televisi - televisi swasta.  Lihat lah ketika dipertontinkan bagaimana siswa nakal,  pembalap liar,  berpacaran bebas, dan itu semua menginspirasi remaja kita.  Bukan yang positifnya.  Tetapi kebanyakan yang negatif yang mereka tiru.  Melihat fenomena ini, mungkin anda pernah melihat meme bertuliskan "artis dibayar mahal untuk merusak moral siswa,  tapi guru dibayar murah untuk mencerdaskan siswa", kocak bukan?? Haha.. 
Jadi apa yang harus kita lakukan??  Mari kita renungkan bersama, apa yang seharusnya terjadi.  Langkah kecil yang bisa dilakukan adalah,  mulailah jaga keluarga kita untuk tidak terbawa hal - hal negatif.  Dan sebagai remaja,  ayolah,  jangan mudah terpengaruh oleh pergaulan - pergaulan yang justru akan menjerumuskan kepada kehidupan negatif.  Allahualam.

Kisi - Kisi Soal UAS IPS 2016

Buat siswa SMP yang berada di Kabupaten Serang, soal yang akan keluar untuk pelajaran IPS berdasarkan kisi - kisi di bawah ini. Mangga dipelajari ... selamat berjuang ...


Untuk Download atau mempelajari Kisi - Kisi UAS IPS Kab. Serang 206, klik DISINI

Ilha da Queimada Grande, Salah Satu Pulau Paling Mengerikan di Dunia!

Pernahkah membayangkan bagaimana jadinya jika anda tinggal disebuah pulau yang setiap meter perseginya terdapat satu sampai lima ekor ular berbisa? Pasti sangat menakutkan. Dan ternyata, terdapat sebuah pulau di Brazil yang dipenuhi oleh ular. Pulau Ilha da Queimada Grande namanya. Karena begitu banyak ular ditempat ini, pulau ini pun dijuluki sebagai pulau ular. Pengunjung akan dilarang memasuki pulau ini oleh otoritas setempat karena datang ke pulau ini sama saja bunuh diri.  BACA SELANJUTNYA

Mengapa Kentut Berbau Busuk? ( Cara Mengurangi Bau Kentut )

Sebetulnya ini adalah tulisan lama yang saya coba edit kembali untuk teman jagoan banten. Walau judulnya sedikit menggelitik, siapa tahu tulisan ini bermanfaat buat teman jagoan.

Siapa yang tidak pernah kentut? Pasti semua pernah merasakan. Kalau teman tidak pernah kentut itu tentu termasuk kategori abnormal dan tentu berbahaya bagi kesehatan. Lalu sebenarnya apakah kentut itu? 

Beberapa Fakta Tentang Virus Ebola

Virus Ebola mulai banyak diberitakan pada tahun 2014 yang lalu. Virus ini dianggap sebagai virus yang berbahaya dan sangat mematikan. Bahkan badan kesehatan dunia yaitu WHO pun memberikan perhatian yang sangat serius tentang penularan atau mewabahnya virus ini. Virus yang belum ditemukan vaksinnya ini masih menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat di dunia. Hal ini terbukti pencarian tentang ebola di google trend masih menempati urutan pertama secara global.
Lalu hal - hal apa saja yang harus kita ketahui tentang virus yang satu ini? Berikut beberapa fakta tentang ebola yang dilanbsir dari situs www.who.int sebagai berikut : 
  1. Ebola Virus Disease (EVD), sebelumnya dikenal sebagai demam darah Ebola, yaitu penyakit yang sangat berbahaya dan bisa berakibat fatal bagi kesehatan manusia.
  2. Virus ini ditularkan dari hewan liar kepada manusia, kemudian menular dari manusia ke manusia
  3. Angka kematian akibat virus ini adsalah 50 %. Dalam beberapa kasus bisa sangat bervariasi dari 25% sampai 90 %.
  4. Wabah ebola pertama kali ditemukan di daerah - daerah terpencil dekat hutan hujan tropis yang berada di Afrika Tengah, kemudian yang terbaru menyebar sampai ke perkotaan terutama di daerah Afrika Barat
  5. Keterlibatan masyarakat adalah kunci sukses mengendalikan wabah yaitu dengan cara pemberian paket intervensi mulai dari manajemen kasus, pelacakan dan pengawasan, sampai dengan tindakan-tindakan lain yang diperlukan
  6. Penanganan sejak dini dapat meningkatkan harapan hidup penderita wabah ini.
  7. Sampai saat ini belum ditemukan vaksin yang berlisensi untuk mengobati ebola, tapi penelitian masih terus dilakukan, dan terdapat dua calon kuat yang akan sedang diteliti sebagai vaksin ebola

Daftar Stasiun Televisi Nasional Di Indonesia

Siapa yang tidak mengenal televisi? Semua pasti tahu televisi, kecuali yang di peloksok nun jauh di sana, Tapi tahukah kapan televisi mulai ada di Indonesia? Ada berapa stasiun televisi yang ada saat ini? Langsung saja, nih dia daftar  stasiun televisi nasional yang ada di Indonesia hingga saat ini :

1. TVRI
Televisi Republik Indonesia (TVRI) adalah stasiun televisi yang pertama kali ada di Indonesia. Stasiun ini mulai mengudara pada tanggal 24 Agustus 1962. Siaran perdananya menayangkan Upacara Peringatan Proklamasi Kemerdekaan yang ke 17 di Istana Negara. Siarannya saat itu masih berupa hitam putih.

2. RCTI
Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI) adalah stasiun trelevisi swasta pertama yang ada di Indonesia. RCTI menguadara pertama kali pada 13 Nopember 1988 dan diresmikan pada tanggal 24 Agustus 1989. 1989 sampai 2003, RCTI dimiliki oleh perusahaan Bimantara Citra. Tapi sejak tahun 2003 sampai dengan saat ini, RCTI dimiliki oleh Media Nusantara Citra (MNC) Group. Slogan RCTI yang begitu familiar ditelinga kita adalah "RCTI Oke".

3. SCTV
Surya Citra Televisi (SCTV) adalah stasiun swasta nasional kedua setelah RCTI. Stasiun televisi ini berdiri pada 24 Agustus 1990 di Surabaya. Kemudian pada tanggal 1 Januari 1993, stasiun ini resmi diluncurkan di Jakarta. Pemilik stasiun ini awalnya adalah PT. Bimantara Citra yang kemudian sejak tahun 1999, beralih menjadi milik PT. Surya Citra Media. Logo yang paling terkenal dari SCTV adalah "Satu Untuk Semua". Saat ini, Kantor pusat SCTV berada di Tower Senayan City Jakarta.

4. MNCTV
Pada awal berdirinya, stasiun televisi ini bernama Televisi Pendidikan Indonesia (TPI). TPI merupakan televisi swasta ketiga setelah SCTV. TPI berdiri pada 23 Januari 1991. Saat itu TPI dimiliki oleh PT. Cipta Lamtoro Gung Persada. Setelah kepemilikian televisi ini beralih pada MNC Gruop, maka pada 20 Oktober 2010, stasiun ini berganti nama menjadi MNCTV.

5. ANTV
Andalas Televisi atau ANTV awalnya adalah sebuah stasiun televisi lokal yang berada di Lampung. Berdiri pada 1 Januari 1993, ANTV memiliki hak siar selama 5 jam setiap harinya dengan wilayah siar mencakup Kota Lampung dan sekitarnya. Berikutnya pada tanggal 18 Januari 1993, ANTV mendapat ijin untuk melakukan siaran nasional. ANTV dimiliki konglomerat muda Anindya Bakrie dan Erick Thohir sebagai Presiden Direktur sekaligus wakil Komisaris Utama VIVA.

6. INDOSIAR
Indosiar berdiri pada 11 Januari 1995. Indosiar didirikan dan dikuasi oleh Salim Group. Saat ini, Indonsiar beralih kepemilikan setelah sebagian besar sahamnya dibeli oleh Surya Citra Media.
Televisi yang bermarkas di Jl. Daan Mogot Jakarta Barat ini memiliki slogan "Memang Untuk Anda".

7. METRO TV
Metro TV adalah salah satu televisi swastsa nasional pertama yang berbasis berita. Siaran televisi ini hampir seluruhnya menayangkan berita - berita teraktual, baik dari dalam atau luar negeri. Metro TV diluncurkan pada 25 Nopember 2000. Metro TV berada di bawah naungan PT. Media Televisi Indonesia yang merupakan anak perusahaan dari Media Group yang dipimpin oleh Surya Paloh.

8. TRANS7
Pada awal berdirinya, Trans7 bernama TV7. Televisi ini mulai mengudara pada 25 Nopember 2001. Setelah saham nya beralih dari Kompas Gramedia menjadi milik PT. Trans Corporation, maka pada tanggal 15 Desember 2006, televisi ini berubah nama menjadi Trans7. Saat ini, Trans7 menjadi televisi yang paling sering memberikan tayangan-tayangan yang bernuansa edukasi dibanding televisi swasta yang lain.

9. TRANS TV
Trans TV adalah stasiun televisi swasta yang dimiliki oleh Chairul Tanjung. Seperti halnya Trans7, Trans TV juga meruapakan anak dari PT. Trans Corporation. Televisi ini mengudara secara resmi pada tanggal 15 Desember 2001. Direktur Utama Trans TV sama dengan Direktur Utama Trans7 yaitu Atiek Nur Wahyuni. Slogan dari Trans TV adalah "Milik Kita Bersama".

10. TV ONE
Setelah Metro TV sukses dengan siaran - siaran beritanya, menyusul kemudian TV One berdiri dengan konsep yang sama yaitu menyajikan berita sebagai siaran utamanya. Pada awal berdiri, TV One bernama Lativi, didirikan oleh Abdul Latif pada tanggal 7 Juli 2002. Pada tanggal 14 Februari 2008, lativi resmi berganti nama menjadi TV One dengan siaran 70 %  berisi berita. Direktur Utama TV One saat ini adalah Ardiansyah Bakrie.

11. GLOBAL TV
Global TV awalnya adalah televisi lokal di Jakarta. Berdiri pada tanggal 8 Oktober 2002, akhirnya Global TV menjadi salah satu televisi swasta nasional. Pada awal berdiri, Global TV menyiarkan atau merelay acara - acara dari MTV Asia. Saat ini Global TV dimiliki oleh MNC Group.

12. RTV
Rajawali Televisi (RTV) semula bernama B-Chanel. Berdiri pada 1 Nopember 2009, dan menjadi RTV pada 3 Mei 2014. Televisi yang berpusat di Jakarta ini di miliki oleh Rajawali Corporation.

Itu dia daftar stasiun televisi nasional yang ada di Indonesia hingga saat ini. Ada yang mau menambahkan?

Makalah : Dekrit Presiden 5 Juli 1959

MAKALAH
DEKRIT PRESIDEN 5 JULI 1959
OLEH : DIDI APRIATNA

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Setelah secara resmi diakui sebagai sebuah negara yang berdaulat pada tanggal 27 Desember 1949 dengan nama RIS, Indonesia kemudian dihadapkan kepada berbagai persoalan dalam negeri. Pada tanggal 17 Agustus 1950 RIS dibubarkan dan kembali menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pada masa ini, Indonesia menerapkan demokrasi liberal yang condong ke arah Barat.  Pada masa ini, gejolak politik begitu banyak mewarnai. Sebut saja dengan begitu singkatnya umur sebuah kabinet. Bahkan terhitung terjadi pergantian kabinet sebanyak tujuh kali pada masa 1950 – 1959.
Selanjutnya pemilu pertama tahun 1955 yang diharapkan mampu menciptakan stabilitas politik pada masa itu tampaknya belum bisa terwujud. Gejolak diberbagai daerah sebagai wujud ketidakpuasan terhadap pemerintah pusat semakin menjadi. Bahkan diantaranya speerti PRRI dan Permesta menyatakan untuk memisahkan diri dari Negara Indonesia.
Dalam menyikapi kondisi yang ada saat itu, presiden Soekarno mengeluarkan pemikirannya yang dikenal sebagai Konsepsi Presiden 21 Februari 1957. Konsepi yang diungkapkan oleh Presiden Soekarno pada tahun 1957 menghendaki adanya perubahan dari demokrasi liberal menjadi demokrasi terpimpin. Namun konsepsi ini ditolak oleh sebagian partai karena menurut mereka itu adalah bagian dari tugas konstituante.
Konstituante sebagai hasil dari Pemilu 1955 bertugas menyusun UUD baru pengganti UUDS 1950 mulai bersidang sejak tahun 1956. Tapi sampai dengan tahun 1958, lembaga ini belum berhasil menyusun UUD baru tersebut.  Hal ini lah yang kemudian mendorong keluarnya dekrit Presiden 5 Juli 1959.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penulisan ini antara lain :
  1. Apakah yang melatarbelakangi keluarnya Dekrit Presiden 5 Juli 1959?
  2. Bagaimana isi Dekrit Presiden 5 Juli 1959?
  3. Bagaimana pengaruh Dekrit Presiden 5 Juli 1959 terhadap kehidupan Bangsa Indonesia?